Peran Filantropi dalam Memoderasi Pengaruh Kemiskinan dan Bencana Alam Terhadap Pertumbuhan Ekonomi pada Negara OKI (Tahun 2015-2021)

, Salman Zakki Syahriel Mubarok (2024) Peran Filantropi dalam Memoderasi Pengaruh Kemiskinan dan Bencana Alam Terhadap Pertumbuhan Ekonomi pada Negara OKI (Tahun 2015-2021). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Salman Zakki Syahriel Mubarok - Final Rev-1.pdf

Download (757kB)
[img] Text
Tesis Salman Zakki Syahriel Mubarok - Final Rev-1.pdf

Download (757kB)

Abstract

ABSTRAK Mubarok, Salman Zakki Syahriel. 2023. Peran Filantropi dalam Memoderasi Pengaruh Kemiskinan dan Bencana Alam Terhadap Pertumbuhan Ekonomi pada Negara OKI (Tahun 2015-2021) Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan, Bencana Alam, Filantropi Penilitian ini memiliki tujuan untuk menguji hubungan variabel kemiskinan terhadap pertumbuhan ekonomi, hubungan variabel bencana alam terhadap pertumbuhan ekonomi, moderasi variabel filantropi terhadap hubungan kemiskinan terhadap pertumbuhan ekonomi, serta moderasi variabel filantropi terhadap hubungan bencana alam terhadap pertumbuhan ekonomi. Adapun objek penelitian adalah anggota negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan pengumpulan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 57 negara anggota OKI. Teknik pegambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanayak 7 negara anggota OKI. Data yang digunakan adalah data panel yang diolah menggunakan Eviews 10. Model yang dipilih adalah random effect model. Hasil penelitian menunjukkan kemiskinan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap prtumbuhan ekonomi. Selain itu, variabel bencana alam berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Variabel moderasi filantropi, terbukti mampu memoderasi pengaruh kemiskinan dan bencana alam terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2024 22:18
Last Modified: 06 Mar 2024 22:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19685

Actions (login required)

View Item View Item