KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA

setyawan, Nova (2024) KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
inbound1311962099617985984.pdf

Download (6MB)
[img] Text
inbound1311962099617985984.pdf

Download (6MB)
[img] Text
inbound1311962099617985984.pdf

Download (6MB)
[img] Text
inbound1311962099617985984.pdf

Download (6MB)
[img] Text
inbound1311962099617985984.pdf

Download (6MB)
[img] Text
inbound1311962099617985984.pdf

Download (6MB)
[img] Text
inbound1311962099617985984.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fenomena rendahnya tanggung jawab belajar yang terjadi pada siswa perlu untuk segera diberikan intervensi layanan responsif. Tingkat tanggung jawab belajar yang rendah dapat berdampak negatif pada pencapaian keberhasilan siswa dalam belajar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perbedaan tanggung jawab belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok realita. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu pre-eksperimen one group pre-test-post-tes design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala tanggung jawab belajar yang merujuk pada teori Aisyah, dkk. (2014) yang dielaborasi dengan teori Deni & Ismaniar (2022). Hasil uji validitas menyatakan bahwa 41 item pernyataan skala tanggung jawab belajar valid dan sangat reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,930. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa yang memiliki tingkat tanggung jawab belajar rendah. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Paired sampel t test. Hasil uji hipotesis membuktikan terdapat perbedaan tingkat tanggung jawab belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok realita dengan nilai sig. 0,013 < 0,05. Berdasarkan hasil uji tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan tingkat tanggung jawab belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok realita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2024 04:24
Last Modified: 07 Mar 2024 04:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19690

Actions (login required)

View Item View Item