PASSIVE INCOME DALAM BISNIS MULTI LEVEL MARKETING SYARI'AH PERSPEKTIF DSN MUI No.75/DSN-MUI/VII/2009 (Studi Kasus di PT Natural Nusantara Stockist G.3295 Bumiayu Kabupaten Brebes)

rohilah, Ilah (2024) PASSIVE INCOME DALAM BISNIS MULTI LEVEL MARKETING SYARI'AH PERSPEKTIF DSN MUI No.75/DSN-MUI/VII/2009 (Studi Kasus di PT Natural Nusantara Stockist G.3295 Bumiayu Kabupaten Brebes). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Ilah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rohilah, Ilah. 2023. Passive Income Dalam Bisnis Multi Level Marketing Syari’ah Perspektif Fatwa DSN MUI No.75/DSN-MUI/VII/2009 (Studi Di PT Natural Nusantara Stockist G.3295 Bumiayu Kabupaten Brebes). Skripsi. Fakultas Syari’ah. Jurusan Hukum Ekonomi Syari’ah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Moh. Khusen M.Ag M.A Kata Kunci: Passive Income, Multi Level Marketing Syari’ah, Fatwa DSN MUI No.75/DSN-MUI/VII/2009 PT Natural Nusantara adalah perusahaan berbasis Syari’ah. Perusahaan tersebut memberikan pendapatan berupa passive income. Ketentuan hukum nomor tujuh dalam fatwa DSN MUI No.75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syari’ah menyatakan bahwa tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan penjualan barang serta jasa. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian passive income PT Natural Nusantara stockist G.3295 Bumiayu Kabupaten Brebes sudah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No.75/DSNMUI/VII/2009. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan yuridis empiris. Pedekatan tersebut yaitu penelitian dengan mengumpulkan data mengenai pemberian passive income PT Natural Nusantara stockist G.3295 Bumiayu Kabupaten Brebes ditinjau dalam Fatwa DSNMUI No.75/DSN-MUI/VII/2009. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer yang berupa data hasil wawancara pada objek yang diteliti dan data sekunder yang berupa buku marketing plan, buku paket info presentasi bisnis NASA, buku daftar harga konsumen, buku daftar harga distributor, dan buku informasi produk Natural Nusantara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama tentang passive income di PT Natural Nusantara Stockist G.3295 Bumiayu Kabupaten Brebes hanya penamaan saja dan penghasilan diperoleh tidak pasif karena member bekerja dalam merekrut dan membina jaringan sehingga berkembang besar. Contoh pekerjaan lain yang memperoleh passive income adalah guru yang memperoleh dana pensiun namun dibutuhkan mengabdi dengan mengajar bertahun-tahun. Kedua tentang motivasi member memperoleh passive income perspektif fatwa DSN MUI ada lima macam alasan, terdiri dari memperoleh rabat termasuk dalam komisi, jenjang karir naik, aset, dan jaringan besar termasuk dalam bonus. Bisnis diwariskan tergolong dalam bonus dan meninggalkan keturunan yang kuat ekonominya sebagaimana dalam Q.S An-Nisa ayat 9. Ketiga tentang pemberian passive income PT Natural Nusantara perspektif fatwa DSN MUI sudah memenuhi ketentuan hukum dalam 12 kriteria. Perusahaan tersebut sudah menjalankan praktik Penjualan Langsung Berjenjang Syari’ah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2024 17:16
Last Modified: 07 Mar 2024 17:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19702

Actions (login required)

View Item View Item