PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NET OPERATING MARGIN (NOM) DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN MURABAHAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Yang Terdaftar di OJK Periode 2015-2022)

widiyanti, Anggita fitri (2024) PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NET OPERATING MARGIN (NOM) DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PEMBIAYAAN MURABAHAH SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Yang Terdaftar di OJK Periode 2015-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Anggita Fitri Widiyanti fix (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Fitri Widiyanti,Anggita. 2023. “Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Operating Margin (NOM) Dan Financing to Deposit Ratio (FDR) Terhadap Profitabilitas Dengan Pembiayaan Murabahah sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Yang Terdaftar di OJK periode 2015-2022)”. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Heri Kurniawan, M.E. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Operating Margin (NOM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Profitabilitas (ROA) bank umum syariah dengan pembiayaan murabahah sebagai variabel moderasi. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu Bank Umum Syariah di Indonesia dan terdaftar di OJK tahun 2015- 2022. Dalam penentuan sampel peneliti menggunakan purpose sampling untuk menentukan sampel penelitian sehingga diperoleh 96 data penelitian. Penelitian ini dalam pengujian hipotesis menggunakan Analisa Moderated Regression Analysis (MRA) yang menggunakan eviews 10. Hasil yang diperoleh dari uji MRA, variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) menunjukkan pengaruh terhadap Return on Assets (ROA). Net Operating Margin (NOM) menunjukkan tidak berpengaruh terhadap Return on Assets (ROA). Financing to deposit ratio (FDR) menunjukkan tidak berpengaruh terhadap Return on Assets (ROA). CAR, NOM, FDR secara simultan menunjukan pengaruh terhadap Return on Assets (ROA). Pembiayaan Murabahah tidak dapat memoderasi hubungan antara CAR terhadap Return on Assets (ROA). Pembiayaan Murabahah tidak dapat memoderasi hubungan antara NOM terhadap Return on Assets (ROA). Pembiayaan Murabahah tidak dapat memoderasi hubungan antara FDR terhadap Return on Assets (ROA). Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Operating Margin (NOM), Financing to Deposit Ratio (FDR), Profitabilitas (ROA), Pembiayaan Murabahah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2024 18:08
Last Modified: 07 Mar 2024 18:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19707

Actions (login required)

View Item View Item