UPAYA PASANGAN LONG DISTANCE RELATIONSHIP DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN KELUARGA PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Kasus di Dusun Cinangsi Timur Desa Cinangsi Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap)

Tunafisah, Dyah Lulu (2024) UPAYA PASANGAN LONG DISTANCE RELATIONSHIP DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN KELUARGA PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Kasus di Dusun Cinangsi Timur Desa Cinangsi Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DYAH LULU.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena pasangan Long Distance Relatiosnhip di Dusun Cinangsi Timur Desa Cinangsi Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap yang dimana pasangan Long Distance Relationship jika dilihat secara umum bukanlah hubungan pasangan suami istri yang ideal, karena suami istri tidak hidup bersama dalam satu rumah untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya masing-masing dan pastinya banyak konsekuensi yang diambil pasangan suami istri ketika menjalani Long Distance Relationship. Fokus penelitian ini berkenaan dengan permasalahan tersebut yaitu: 1) Bagaimana upaya pasangan Long Distance Relationship dalam mewujudkan ketahanan keluarga di Dusun Cinangsi Timur Desa Cinangsi Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap? 2) Bagaimana upaya pasangan Long Distance Relationship dalam mewujudkan ketahanan keluarga di Dusun Cinagsi Timur Desa Cinangsi Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap perspektif Maslahah? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan pendekatan Yuridis Empiris. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan metode kualitatif yaitu temuan fakta-fakta penelitian yang dituang secara logis dan sistematis kemudian dijadikan kesimpulan dari penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Upaya pasangan Long Distance Relationship terjalin dengan baik dan mampu mewujudkan ketahanan keluarga dengan tetap menjaga komitmen pernikahan, komunikasi yang intensif, terpenuhinya kebutuhan keluarga, saling percaya dan mendahukukan kepentingan bersama. Berdasarkan perspektif maslahah pasangan suami istri yang menjalani Long Distance Relationship karena suaminya merantau untuk bekerja dibolehkan karena kondisi di Dusun Cinangsi Timur Desa Cinangsi yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan, walaupun terdapat madharat apabila suami istri berjauhan maka suami tidak bisa melindungi dan mendidik anaknya tetapi jika suami di rumah saja itu juga akan mendatangkan kemadharatan bagi keluarganya karna tidak bisa memenuhi kebutuhan keluarganya, dengan suaminya bekerja merantau keluar kota suami mampu memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari. Maslahah pada dasarnya berusaha mewujudkan manfaat atau menolak kemudharatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2024 19:43
Last Modified: 07 Mar 2024 19:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19711

Actions (login required)

View Item View Item