KETAHANAN KELUARGA GENERASI SANDWICH PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 52 TAHUN 2009 (Studi di Dusun Penawangan Desa Tawangsari Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo)

, Zulfa Elya Shobiroh (2024) KETAHANAN KELUARGA GENERASI SANDWICH PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 52 TAHUN 2009 (Studi di Dusun Penawangan Desa Tawangsari Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
zulfa elya shobiroh.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Ketahanan, Keluarga, Generasi Sandwich, Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009. Generasi Sandwich merupakan istilah yang digunakan untuk individu yang membiayai dan merawat tiga generasi sekaligus. Generasi Sandwich yang ada di Dusun Penawangan Desa Tawangsari Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo mereka hidup satu atap dengan keluarga yang lainnya seperti hidup bersama kakek, orang tua, anak bahkan saudara kandung lainnya. Individu Generasi Sandwich ini bekerja dengan pengasilan yang tidak stabil, namun mereka dituntut untuk membiayai semua anggota yang tinggal bersama dalam satu atap. Maka perlu diketahui bagaimana ketahanan keluarga Generasi Sandwich ini dalam menjaga keluarganya mencapai keluarga yang harmonis. Penelitian ini adalah penelitan lapangan (Field Research) yang menggunakan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan metode kualitatif yaitu temuan fakta-fakta penelitian yang dituangkan secara logis dan sistematis kemudian dijadikan kesimpulan dari penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketahanan keluarga Generasi Sandwich pada enam narasumber di Dusun Penawangan Desa Tawangsari Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo ini tidak semua kuat. Namun sebagian keluarga Generasi Sandwich ini sering dilanda permasalahan kususnya mengenai permasalahan ekonomi dan permasalahan kecil lainnya, mereka bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan berlandaskan saling mengerti, saling mengasihi terutama selalu menjaga hubungan komunikasi dan sadar akan posisi dalam keluarga tersebut. Ketahanan keluarga Generasi Sandwich pada lima narasumber ini penulis analisis dengan Undang-undang nomor 52 Tahun 2009. Dari indikator ketahanan keluarga dapat diketahui bahwa tidak semua ketahanan keluarga Generasi Sandwich di Dusun Penawangan Desa Tawangsari Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo ini memiliki ketahanan keluarga yang kuat, ada dua keluarga yang tidak memenuhi indikator ketahanan keluarga Generasi Sandwich yang ada pada Undang-undang Nomor 52 tahun 2009.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2024 19:51
Last Modified: 07 Mar 2024 19:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19713

Actions (login required)

View Item View Item