HUBUNGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DAN RASA BERHARGA DENGAN PERILAKU RELAPSE PADA NARAPIDANA PECANDU NARKOBA DI LAPAS KELAS IIA AMBARAWA

Ramadhani, Rifka (2024) HUBUNGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DAN RASA BERHARGA DENGAN PERILAKU RELAPSE PADA NARAPIDANA PECANDU NARKOBA DI LAPAS KELAS IIA AMBARAWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Rifka Ramadhani 43040190229.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Rifka Ramadhani 43040190229.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Rifka Ramadhani 43040190229.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Rifka Ramadhani 43040190229.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ramadhani, Rifka. 2023. Hubungan Kesejahteraan Psikologis dan RasaBerharga dengan Perilaku Relapse pada Narapidana Pecandu Narkoba di Lapas Kelas IIA Ambarawa. Skripsi, Fakultas Dakwah, Program Studi Psikologi Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing Aufa Abdillah, M.Psi. Kata Kunci:kesejahteraan psikologis, rasa berharga, narapidana pecandu narkoba, relapse Penyalahgunaan narkoba telah menyentuh seluruh kalangan tanpa mengenal status sosial, usia serta tingkat Pendidikan yang telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Jika terus meningkat dikhawatirkanterjadinya lost generation.Tidak hanya itu, perilaku relapse atau kekambuhan kembali penyalahgunaan narkoba juga menjadi permasalahan yang harus diselesaikan. Relapse disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya kesejahteraan psikologis dan rasa berharga.Tujuan penelitian inidilakukan adalah; 1) Mengetahui hubungan kesejahteraan psikologis dengan perilaku relapse pada naapidana pecandu narkoba; 2) Mengetahui hubungan rasa berharga dengan perilaku relapse pada narapidana pecandu narkoba; 3) Mengetahui hubungan kesejahteraan psikologis dan rasa berharga dengan perilaku relapse. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dari penelitian ini ada 421 tahanan dan narapidana di Lapas Kelas IIA Ambarawa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini 60 responden dengan kriteria narapidana narkoba yang pernah mengalami relapse minimal satu kali. Berdasarkan hasil angket, data kemudian dianalisis dengan korelasional product moment dan korelasi berganda baru kemudian mendapat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat hubungan antara kesejahteraan psikologis dengan perilaku relapse pada narapidana pecandu narkoba di Lapas Kelas IIA Ambarawa dengan signifikansi 0,004; 2) Terdapat hubungan antara rasa berharga dengan perilaku relapse pada narapidana pecandu narkoba di Lapas Kelas IIA Ambarawa dengan signifikansi 0,001; 3) Terdapat hubungan antara kesejahteraan psikologis dan rasa berharga dengan perilaku relapse pada narapidana pecandu narkoba di Lapas Kelas IIA Ambarawa dengan signifikansi 0,000.Sehingga variabel kesejahteraan psikologis dan rasa berharga memberi pengaruh sebesar 32,8% dimana 67,2% dipengaruhi oleh variabel lain selain kesejahteraan psikologis dan rasa berharga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2024 20:53
Last Modified: 07 Mar 2024 20:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19716

Actions (login required)

View Item View Item