Implementasi Kebijakan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Perspektif Kaidah Siyasah (Studi di Desa Gemawang Kabupaten Semarang)

solekhah, Rodhotus (2024) Implementasi Kebijakan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Perspektif Kaidah Siyasah (Studi di Desa Gemawang Kabupaten Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RODHOTUS SOLEKHAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RODHOTUS SOLEKHAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RODHOTUS SOLEKHAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RODHOTUS SOLEKHAH.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RODHOTUS SOLEKHAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Program Sampah Tuntas di tempat berbasis TPS3R, Peraturan Daerah Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Kaidah Siyasah tashorruf al-imam ala ar-raiyah manuthun bi al-maslahah. Pengelolaan pembuangan sampah yang dikelola oleh masyarakat di Desa Gemawang sementara ini belum ada aturan ataupun payung hukumnya, oleh karena itu Pemerintah Desa mau menerbitkan peraturan berupa Peraturan Desa untuk menaungi sebagai landasan hukum adanya pengelolaan Tempat Penampungan Sampah (TPS) baru berbasis TPS3R (Reduce, Reuse, Recycle). Dengan adanya rencana tersebut respon masyarakat setempat ternyata justru menolak adanya Peraturan Desa yang menginginkan di dalamnya ada pengambilalihan kewenangan dari masyarakat kepada Pemerintah Desa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non doktrinal dengan menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan informan mengenai implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Semarang tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Adapun informan tersebut yaitu pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang, Pemerintah Desa Gemawang, serta masyarakat Dusun Jlamprang Desa Gemawang. Sedangkan untuk data sekunder, diperoleh melalui dokumen, buku, jurnal maupun data pendukung yang berkaitan dengan pengelolaan sampah, lingkungan dan tashorruf al-imam ala ar-raiyah manuthun bi al-maslahah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pasal 48 Ayat 5 Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup terkait pengelolaan sampah di Desa Gemawang masih belum terlaksana dengan baik, hal ini terlihat karena kurangnya sosialisasi, pembinaan pengelolan sampah serta koordinasi yang baik antara Pemerintah Desa dengan masyarakat di Desa Gemawang dalam penerapan Peraturan Daerah yang menjadi faktor penghambat utama dengan adanya penolakan dari masyarakat terkait kebijakan tersebut karena tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat. Jika sesuai dengan kaidah siyasah tashorruf al-imam ala ar-raiyah manuthun bi al-maslahah maka apa yang diputuskan oleh seorang pemimpin atau kebijakan yang diambil haruslah membawa kemaslahatan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2024 15:23
Last Modified: 08 Mar 2024 15:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19723

Actions (login required)

View Item View Item