i TESIS IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DALAM PEMBENTUKAN ETIKA BELAJAR DAN ADAB MENGHORMATI GURU PADA SANTRI LORENG KAB. SEMARANG TAHUN 2022

Luthfi, Nofa amma (2024) i TESIS IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DALAM PEMBENTUKAN ETIKA BELAJAR DAN ADAB MENGHORMATI GURU PADA SANTRI LORENG KAB. SEMARANG TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS NOFA AMMA 2024 pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS NOFA AMMA 2024 pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS NOFA AMMA 2024 pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kajian kitab ta’lim muta’alim dalam pembentukan etika belajar dan adab menghormati guru pada santri loreng yang berada di Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Adapun pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pembelajaran akhlak santri loreng melalui dua cara yaitu melalui pembelajaran kajian kitab ta’lim muta’alim dan melalui mujahadah; Santri loreng dapat mengimplementasikan isi kajian dari kitab ta’lim muta’alim dalam kehidupan sehari-hari; Evaluasi pembelajaran santri loreng bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman santri terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan. Evaluasi di lakukan pada saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Kata kunci: Santri Loreng, Evaluasi Pembelajaran, Mujahadah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2024 21:48
Last Modified: 08 Mar 2024 21:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19748

Actions (login required)

View Item View Item