INTERNALISASI NILAI KARAKTER DEMOKRATIS DAN JUJUR MELALUI PEMBELAJARAN INTEGRATIF MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII MTs. BANIN TAJUL ULUM DAN MTs. BANAT TAJUL ULUM BRABO TANGGUNGHARJO GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Mushonef, Ahmad (2024) INTERNALISASI NILAI KARAKTER DEMOKRATIS DAN JUJUR MELALUI PEMBELAJARAN INTEGRATIF MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII MTs. BANIN TAJUL ULUM DAN MTs. BANAT TAJUL ULUM BRABO TANGGUNGHARJO GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS FIKS SHONEF-PRINT.pdf

Download (4MB)

Abstract

Internalisasi Nilai Karakter Demokratis dan Jujur melalui Pembelajaran Integratif Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Siswa Kelas VIII di MTs. Banin Tajul Ulum dan MTs. Banat Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Sa’adi, M. Ag. Pendidikan masih terdapat permasalahan pada remaja yang kurang mencerminkan sikap demokratis dan jujur yang dilatar belakangi kurangnya terhadap pemahaman pendidikan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, implementasi, dan faktor pendukung penghambat internalisasi nilai karakter demokratis dan jujur melalui pembelajaran integratif mata pelajaran akidah akhlak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologis yang melibatkan informan kepala madrasah, guru akidah akhlak, siswa kelas VIII. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menemukan bahwa internalisasi nilai karakter demokrasi dan jujur melalui pembelajaran integratif mata pelajaran akidah akhlak adalah desain pembelajaran yang memuat langkah-langkah dalam penanaman karakter demokratis dan jujur. Dalam pelaksanaan pembelajaran integratif dalam membentuk karakter demokratis menggunakan integrasi metode brainstorming dengan diskusi, dan pelaksanaan pembelajaran integratif dalam membentuk karakter jujur menggunakan integrasi metode Numbered head together (NHT) dengan cooperative script. Faktor pendukung yaitu perencanaan program yang matang, fasilitas yang memadai, dan iklim sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya, meliputi faktor internal, eksternal dan alokasi waktu yang singkat. Kata kunci: Karakter Demokratis, Karakter Jujur, Pembelajaran Integratif Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2024 21:49
Last Modified: 08 Mar 2024 21:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item