PELAKSANAAN ZAKAT HASIL PERTANIAN PERSPEKTIF KESADARAN HUKUM DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Kalitengah Kecamatan Mranggen)

istianah, Khoirotul (2024) PELAKSANAAN ZAKAT HASIL PERTANIAN PERSPEKTIF KESADARAN HUKUM DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Kalitengah Kecamatan Mranggen). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI KHOIROTUL ISTIANAH_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mayoritas masyarakat di Desa Kalitengah adalah petani. Dilihat dari luas lahannya yang tersedia menunjukkan bahwa desa ini memiliki potensi zakat di sektor pertanian khususnya padi dan jagung. Perkembangan pertanian yang semakin maju, seharusnya terdapat potensi zakat yang maksimal dari petani di Desa Kalitengah apabila petani memiliki kesadaran dan pemahaman dalam membayar zakat pertanian. Namun, berdasarkan wawancara awal kepada sebagian petani, terdapat persoalan mengenai kesadaran dalam membayar zakat pertanian yang belum berjalan sesuai syariat Islam. Maka, dari itu penelitian ini difokuskan untuk mengetahui lebih lanjut Bagaimana pelaksanaan zakat hasil pertanian di Desa Kalitengah Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak? Bagaimana pelaksanaan zakat hasil pertanian di Desa Kalitengah Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak perspektif kesadaran hukum dan hukum Islam? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Penelitian lapangan adalah penelitian mengenai suatu latar belakang kejadian yang terjadi serta interaksi antar sesama baik individu maupun sosial. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan sosiologi hukum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan zakat hasil pertanian di Desa Kalitengah masih menggunakan aturan sendiri, tanpa mengetahui ketentuan nisab, dan beranggapan bahwa sedekah setara dengan berzakat. (2) Pelaksanaan zakat hasil pertanian perspektif kesadaran hukum di Desa Kalitengah menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai konsep zakat pertanian membuat 2 dari 10 petani yang hanya memiliki kesadaran dalam membayar zakat pertanian, sedangkan 8 petani lainnya tidak memiliki kesadaran tersebut. Pelaksanaan zakat hasil pertanian perspektif hukum Islam di Desa Kalitengah ini sudah masuk dalam ketentuan diwajibkannya zakat hasil pertanian, karena sudah mencapai ketentuan nisab nya sesuai dengan syariat Islam, akan tetapi para petani di desa tersebut mengeluarkan zakatnya dengan aturan sendiri tanpa mengetahui ketentuan nisab zakat pertanian sesuai dengan hukum Islam, terkait kadar zakar pertanian yang dikeluarkan sebesar 10% sesuai dengan ketentuan zakat pertanian karena menggunakan pengairan tadah hujan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2024 22:50
Last Modified: 08 Mar 2024 22:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19756

Actions (login required)

View Item View Item