PENGARUH KONSEP DIRI DAN HUBUNGAN TEMAN SEABAYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA BRONGKOL KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG

pratama, Bayu enggal (2024) PENGARUH KONSEP DIRI DAN HUBUNGAN TEMAN SEABAYA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA BRONGKOL KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Bayu_9_Alhamdulilah.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pratama, Bayu Enggal. 2024. Pengaruh Konsep Diri dan Hubungan Teman Sebaya Terhadap Kepercayaan Diri Anak Putus Sekolah di Desa Brongkol. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Eva Palupi, S.Psi., M.Si. Kata Kunci : Konsep Diri, Hubungan Teman Sebaya, Kepercayaan Diri Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri anak putus sekolah di Desa Brongkol; (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh teman sebaya terhadap kepercayaan diri anak putus sekolah di Desa Brongkol; (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh konsep diri dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap kepercayaan diri anak putus sekolah di Desa Brongkol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak putus sekolah di Desa Brongkol, Kecamatan jambu, Kabupaten Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jenis sampel jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 32 anak putus sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 skala psikologi yaitu Skala Konsep Diri, Skala Hubungan Teman Sebaya, dan Skala Kepercayaan Diri. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear ganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri anak putus sekolah di Desa Brongkol, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi konsep diri terhadap kepercayaan diri anak putus sekolah sebesar 0,005 < 0,05 dan nilai t hitung 3,068 > t tabel 2,045. (2) adanya pengaruh hubungan teman sebaya terhadap kepercayaan diri anak putus sekolah di Desa Brongkol, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi hubungan teman sebaya terhadap kepercayaan diri anak putus sekolah sebesar 0,044 < 0,05 dan nilai t hitung 2,104 > t tabel 2,045; (3) adanya pengaruh konsep diri dan hubungan dengan teman sebaya secara simultan terhadap kepercayaan diri anak putus sekolah di Desa Brongkol, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi untuk pengaruh konsep diri dan hubungan teman sebaya secara simultan terhadap kepercayaan diri sebesar 0,001 < 0,05. Nilai f hitung sebesar 8,865 > f tabel 2,042. Besarnya sumbangan efektif konsep diri dan hubungan teman sebaya terhadap kepercayaan diria nak putus sekolah di Desa Brongkol (R Square) sebesar 37,9%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2024 05:53
Last Modified: 09 Mar 2024 05:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19775

Actions (login required)

View Item View Item