PENGARUH LOKASI, HARGA JUAL DAN MODAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG DI PASAR RAYA KOTA SALATIGA DENGAN PENDAPATAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Dewi, Atika Fajrina (2024) PENGARUH LOKASI, HARGA JUAL DAN MODAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG DI PASAR RAYA KOTA SALATIGA DENGAN PENDAPATAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ATIKA FAJRINA DEWI (1).pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI ATIKA FAJRINA DEWI (1).pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI ATIKA FAJRINA DEWI (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Kesejahteraan merupakan tujuan utama dalam ajaran Islam di bidang ekonomi. Kesejahteraan seseorang dapat diperoleh melalui kegiatan ekonomi, termasuk perdagangan. Hingga tahun 2021, diketahui bahwa pusat perdagangan publik masih didominasi oleh pasar tradisional yaitu sebesar 88,52% tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Banyaknya pedagang yang berjualan di Pasar Raya Kota Salatiga seharusnya mampu mewujudkan kehidupan yang sejahtera bagi para pedagang. Namun, pada kenyataannya masih ada pedagang yang mengeluhkan bahwa hasil penjualan yang diterimanya tidak seperti yang diharapkan. Terdapat beberapa hal yang memengaruhi keberhasilan pedagang dalam menjual barang dagangannya yaitu penentuan lokasi, penetapan harga jual yang tepat, dan modal usaha. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer. Dalam penelitian ini, peneliti menjadikan para pedagang di Pasar Raya Kota Salatiga yang berjumlah kurang lebih 874 orang sebagai populasi dan jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 90 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket (kuesioner) sedangkan alat analisis data yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah aplikasi SPSS 20. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi secara signifikan berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang. Harga jual secara signifikan berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang. Modal secara signifikan berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang. Lokasi secara tidak signifikan tidak berpengaruh positif terhadap kesejahteraan para pedagang. Harga jual secara tidak signifikan tidak berpengaruh positif terhadap kesejahteraan para pedagang. Modal secara tidak signifikan tidak berpengaruh positif terhadap kesejahteraan para pedagang. Pendapatan secara signifikan berpengaruh positif terhadap kesejahteraan para pedagang. Pendapatan mampu menjadi variabel intervening yang memediasi pengaruh antara variabel lokasi terhadap kesejahteraan pedagang dengan nilai t hitung yang didapatkan sebesar 2,043 > 1,96. Pendapatan tidak mampu menjadi variabel intervening yang memediasi pengaruh antara variabel harga jual terhadap kesejahteraan pedagang dengan nilai t hitung yang didapatkan sebesar -2,372 < 1,96. Pendapatan mampu menjadi variabel intervening yang memediasi pengaruh antara variabel modal terhadap kesejahteraan pedagang dengan nilai t hitung yang didapatkan sebesar 2,043 > 1,96.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2024 05:36
Last Modified: 12 Mar 2024 05:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19791

Actions (login required)

View Item View Item