PENERAPAN METODE PRESENTASI, PRAKTIK DAN PRODUKSI (PPP) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SD ISLAM PROGRAM UNGGULAN EL-ZAHWA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

anam, Muhammad Choirul (2024) PENERAPAN METODE PRESENTASI, PRAKTIK DAN PRODUKSI (PPP) DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SD ISLAM PROGRAM UNGGULAN EL-ZAHWA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMMAD CHOIRUL ANAM NIM. 12010200044.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MUHAMMAD CHOIRUL ANAM NIM. 12010200044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anam, Muhammad Choirul. 2023. Penerapan Metode Presentasi, Praktik dan Produksi (PPP) dalam Pembelajaran Akidah Akhlak SD Islam Program Unggulan El-Zahwa Tahun Pelajaran 2022/2023. Tesis. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Salatiga, Dosen Pembimbing Dr. Wahidin, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) menganalisis penerapan metode Presentation, Practice, And Production (PPP) dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas IV SD Islam Program Unggulan El-Zahwa Tahun Pelajaran 2022/2023. (2) untuk menganalisis hambatan penerapan metode Presentation, Practice, And Production (PPP) dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kelas IV SD Islam Program Unggulan El-Zahwa Tahun Pelajaran 2022/2023. (3) Untuk menganalisis solusi penerapan metode Presentation, Practice, And Production (PPP) dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kelas IV SD Islam Program Unggulan El-Zahwa Tahun Pelajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SD Islam Program Unggulan El-Zahwa, subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Milles dan Hubermen yaitu data reduction, data display dan data conclusion drawing/verivication, sedangkan untuk uji keabsahan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode presentasi, praktik dan produksi (PPP) dapat terlaksana dengan baik, dengan melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. (2) hambatan dalam penerapan metode PPP ini berupa kurang antusiasnya anak dalam proses diskusi, dan kurangnya jam pelajaran menjadi salah satu hambatan, sehingga penerapan metode PPP belum terlaksana dengan maksimal dan belum memberikan hasil yang sesuai dengan target. (3) solusi dari hambatan di atas dapat berupa memberikan pelatihan metode PPP kepada guru, dan mempersingkat atau memadatkan materi pelajaran merupakan salah satu solusi, sehingga penggunaan metode PPP dapat dilaksanakan dengan maksimal dan hasil yang sesuai dengan tujuan pembelajaran juga. Kata kunci: Metode Presentasi, Praktik dan Produksi (PPP), Akidah Akhlak, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2024 17:25
Last Modified: 13 Mar 2024 17:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19817

Actions (login required)

View Item View Item