STRATEGI GURU PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS XI IPS SMA N 1 KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2023

marzuki, Ahmad yani (2024) STRATEGI GURU PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS XI IPS SMA N 1 KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AHMAD YANI MARZUKI 23070170107I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
AHMAD YANI MARZUKI 23070170107I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
AHMAD YANI MARZUKI 23070170107I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
AHMAD YANI MARZUKI 23070170107I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
AHMAD YANI MARZUKI 23070170107I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
AHMAD YANI MARZUKI 23070170107I.pdf

Download (6MB)

Abstract

Marzuki,Ahmad Yani. 2023. Strategi Guru Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika Pada Kelas XI IPS SMA N 1 Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Matematika Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Mengetahui strategi guru untuk meningkatkan efektivitas matematika, 2) Mengetahui faktor penghambat guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika, 3) Mengetahui faktor pendukung upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika pada kelas XI IPS SMA N 1 Karanggede Kabupaten Boyolali tahun 2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknis analisis deskriptif. Analisis data hasil penelitian di peroleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi Teknik dan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan 1) Strategi guru meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika pada kelas XI IPS SMA N 1 Karanggede dilakukan dengan 3 tahap: yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evalusi. 2) Faktor penghambat yang dialami guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di SMA N 1 Karanggede pada kelas XI IPS diantara lain: Proses komunikasi siswa, alokasi waktu atau penggunaan waktu, ketidak sukaan terhadap mata pelajaran matematika, kebijakan pemerintah sekolah gratis, dan kurang fokusnya siswa. Upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika kelas XI IPS di SMA N 1 Karanggede: Memberikan motivasi dan dukungan kepada siswa, engontrol dan membagi waktu dengan baik saat proses pembelajaran, memberikan tugas remidial dan pengayaan, Pelatihan, workshop, dan diklat bagi guru, memaksimalkan penggunaan fasilitas sarana dan prasarana sekolah, dan memperbanyak konsentrasi dan fokus. 3) Faktor pendukung yang dialami guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMA N 1 Karanggede pada kelas XI IPS diantara lain: Motivasi siswa yang tinggi, penggunaan metode dan model pembelajaran yang tepat, keterlibatan siswa saat pembelajaran, kondisi lingkungan pembelajaran yang nyaman, kenggunaan alat/media pembelajaran dengan tepat, kemauan siswa untuk belajar matematika dikelas, kemampuan guru muda dalam penggunaan IT dalam proses pembelajaran matematika, kemauan dari siswa untuk belajar matematika, kemampuan dari dalam guru untuk menyiapkan diri dalam meningkatkan kompetisinya, meningkatkan kemampuannya agar pembelajaran itu lebih efektif, kekompakan guru untuk saling membantu serta mendukung satu sama lain demi terciptanya pembelajaran yang xviii efektif, dukungan dari fasilitas yang siswa pakai seperti hand phone untuk mengakses internet. Catatan materi yang sudah di berikan oleh guru untuk belajar, dan interaksi siswa dan guru atau komunikasi siswa dengan guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2024 22:55
Last Modified: 13 Mar 2024 22:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19836

Actions (login required)

View Item View Item