POLA INTERAKSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP ALTRUISME DAN QONA’AH PADA PESERTA DIDIK DI SMK TUNAS PARIWISATA UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

Setiyowati, Wahyu (2024) POLA INTERAKSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP ALTRUISME DAN QONA’AH PADA PESERTA DIDIK DI SMK TUNAS PARIWISATA UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS-Wahyu Setiyowati-12010200019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS-Wahyu Setiyowati-12010200019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS-Wahyu Setiyowati-12010200019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS-Wahyu Setiyowati-12010200019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS-Wahyu Setiyowati-12010200019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS-Wahyu Setiyowati-12010200019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS-Wahyu Setiyowati-12010200019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS-Wahyu Setiyowati-12010200019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS-Wahyu Setiyowati-12010200019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS-Wahyu Setiyowati-12010200019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola interaksi guru pendidikan agama Islam dengan peserta didik beserta faktor pendukung dan penghambat dari pola interaksi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap altruisme dan qona’ah pada peserta didik di SMK Tunas Pariwisata Ungaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yaitu dengan menekankan pada penggambaran (deskripsi). Penelitian ini memaparkan data yang diperoleh dari hasil penelitian mengenai pola interaksi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap altruisme dan qona’ah pada peserta didik di SMK Tunas Pariwisata Ungaran. Penelitian ini memerlukan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan pengecekan dan validitasnya. Data yang terkumpul diolah dan dianalisa menggunakan analisis deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan kenyataan sesuai dengan data yang diperoleh. Langkah dalam analisis yaitu dengan pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pola interaksi yang digunakan oleh guru pendidikan agam Islam dalam menanamkan sikap altruisme dan qona’ah yaitu pola interaksi satu arah, pola interaksi dua arah dan pola interaksi multi arah. Faktor pendukung guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap altruisme dan qona’ah yaitu faktor lingkungan masyarakat, sekolah dan selain guru pendidikan agama Islam. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu berbenturannya kegiatan, ekonomi, kurangnya pengawasan orang tua, kedekatan hubungan dan kurangnya rasa syukur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2024 16:56
Last Modified: 14 Mar 2024 16:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19851

Actions (login required)

View Item View Item