TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DESA ANTAR WAKTU (Studi di Desa Jatipecaron Kec. Gubug Kab. Grobogan)

purwanti, Diah ayu (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DESA ANTAR WAKTU (Studi di Desa Jatipecaron Kec. Gubug Kab. Grobogan). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Diah Ayu Purwanti_33030190148.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Diah Ayu Purwanti_33030190148.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Diah Ayu Purwanti_33030190148.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Diah Ayu Purwanti. (2022). “Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Pelaksaan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (Studi di Desa Jatipecaron Kec. Gubug Kab. Grobogan)”. Skripsi. Fakultas Syari‟ah Jurusan HukumTata Negara. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. M Chairul Huda, M. H. Kata kunci: Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu, Pelaksanaan, Fiqh Siyasah. Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Melalui Musyawarah Desa merupakan amanat dari Peraturan Daerah Kabupaten Grobogan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Kepala Desa. Kepala desa memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan pemerintah desa, melaksanakan tugas, wewenang, hak, kewajiban, dan tidak melanggar larangan. Pemilihan pemimpin dalam Islam hukumnya wajib, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika dalam suatu negara tidak memiliki pemimpin untuk mengatur jalannya pemerintahan. Desa Jatipecaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan merupakan desa pertama yang menyelengarakan Pilkades Antar Waktu di Kabupaten Grobogan dengan musyawarah mufakat. Kepala Desa Jatipecaron tersandung kasus pidana saat menjabat sebagai kepala desa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1).Menganalisis apakah tata cara penyelenggaraan Pilkades antar waktu di Desa Jatipecaron sudah sesuai peraturan yang berlaku 2). Menganalisis pandangan fiqh siyasah terhadap tata cara Pilkades antar waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Lokasi penelitian ini di Desa Jatipecaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Pilkades Antar Waktu Desa Jatipecaron Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan sudah sesuai dengan amanat Peraturan Daerah Kabupaten Grobogan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Kepala Desa. Namun merujuk pada Pasal 45 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 ada beberapa tahapan Pilkades yang tidak sesuai dengan aturan teknis: a).Pelaksanaan Pilkades antar waktu melebihi batas waktu yang ditentukan. Keterbatasan pedoman teknis menjadi kendala utama b).Pembiayaan Pilkades antar waktu di Desa Reban masih sepenuhnya di bebankan kepada dana desa. Pembiayaan Pilkades melalui APBDesa belum teranggarkan oleh Pemerintah 2). Penyelenggaraan Pilkades antar waktu ditinjau dari fiqh siyasah dapat dibenarkan. Perintah pemilihan dalam Islam didasarkan pada musyawarah atau apa yang disepakati dalam kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2024 18:32
Last Modified: 14 Mar 2024 18:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19855

Actions (login required)

View Item View Item