Prinsip Kepastian dalam Analisis Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Susu Sapi Perah di Desa Batur Kidul Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang

jayanti, Heni dwi (2024) Prinsip Kepastian dalam Analisis Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Susu Sapi Perah di Desa Batur Kidul Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI HENI DWI JAYANTI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI HENI DWI JAYANTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Hukum Islam, Jual Beli, Prinsip Kepastian. Praktik jual beli susu sapi perah dilakukan oleh mu’jir (peternak) dengan musta’jir (pengepul). Dalam praktiknya pengepul membeli susu dari peternak dan mengambilnya setiap pagi dan sore hari. Namun dalam pelaksanaanya pengepul menggunakan perkiraan dalam menakar susu dari peternak dan bukan menggunakan ember liter yang sudah ada angkanya. Apabila menggunakan takaran ember dengan cara memperkirakan jumlahnya belum tentu sama dengan jumlah takaran dalam literan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli susu sapi perah serta untuk mengetahui prinsip kepastian dalam hukum Islam pada praktik jual beli susu sapi perah di Desa Batur Kidul Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti berupa data hasil wawancara dan dokumentasi pada obyek yang diteliti serta data sekunder merupakan data yang diperoleh dari Al-Qur’an, Hadits, buku, jurnal, internet dan dokumen resmi yang berkaitan dengan penelitian. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dan disimpulkan dengan beberapa konsep serta teori-teori hukum Islam dan prinsip kepastian dalam hukum Islam yang kemudian dikaitkan dengan adanya fakta yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pada praktik jual beli susu sapi perah di Desa Batur Kidul Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang telah memenuhi rukun dan syarat jual beli dalam hukum Islam. Sedangkan dari prinsip kepastian jual beli susu sapi perah mengandung unsur ketidakpastian dalam penggunaan takaran dengan memperkirakan susu dalam ember.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2024 19:23
Last Modified: 14 Mar 2024 19:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19858

Actions (login required)

View Item View Item