EKSEKUSI JAMINAN DAN PELAKSANAAN LELANG DALAM PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH DI BMT AL FATTAH KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG (Perspektif PMK No. 213/PMK.06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang dan Hukum Islam)

Wahyuningsih, Iin Sri (2024) EKSEKUSI JAMINAN DAN PELAKSANAAN LELANG DALAM PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH DI BMT AL FATTAH KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG (Perspektif PMK No. 213/PMK.06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang dan Hukum Islam). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IIN SRI WAHYUNINGSIH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
IIN SRI WAHYUNINGSIH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih, Iin Sri. (2023). Eksekusi Jaminan Dan Pelaksanaan Lelang Dalam Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Di BMT Al Fattah Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang (Perspektif PMK No. 213/PMK.06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang dan Hukum Islam). Skripsi, Fakultas Syari’ah. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Nurrun Jamaludin, M.H.I. Kata Kunci: Eksekusi Lelang Jaminan, Pembiayaan Bermasalah, Mudharabah. Salah satu bentuk pembiayaan yang ada pada BMT Al Fattah Susukan adalah pembiayaaan mudharabah yang digunakan oleh para anggota sebagai upaya untuk mengembangkan usaha. Setiap perjalanan usaha tidak selamanya mendapatkan keuntungan adakalanya akan mengalami kerugian. Hal tersebut dapat membuat nasabah mengalami kesulitan dalam hal mengembalikan pembiayaannya atau mengalami pembiayaan bermasalah/kredit macet. Sehingga untuk menghindari hal tersebut yaitu dengan cara eksekusi lelang barang jaminan. Eksekusi lelang barang jaminan ini sebagai titik akhir cara yang dilakukan oleh BMT dan nasabah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana mekanisme eksekusi jaminan dan pelaksanaan lelang pada pembiayaan bermasalah di BMT Al Fattah dan bagaimana mekanisme eksekusi jaminan dan pelaksanaan lelang pada pembiayaan bermasalah di BMT Al Fattah perspektif PMK No. 213/PMK.06/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang dan Hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif serta menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Penelitian ini memanfaatkan sumber data primer hasil wawancara dari petugas dan nasabah. Dan juga sumber data sekunder yang berasal dari jurnal, artikel, buku, Undang-Undang, Al-Qur’an dan bahan sumber lainnya. Kemudian dianalisis secara deskriptif, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan mudharabah yang dijalankan oleh BMT Al Fattah sudah sesuai dengan prinsip mudharabah. Agar mendapatkan pembiayaan mudharabah di BMT Al Fattah, nasabah diminta untuk memberikan jaminan yang digunakan sebagai upaya antisipasi jika nasabah mengalami pembiayaan bermasalah/kredit macet. Namun, mekanisme eksekusi jaminan dan pelaksanaan lelang dalam penyelesaian pembiayaan bermasalah di BMT Al Fattah yaitu dengan cara lelang yang mana pengumuman lelang dilakukan oleh BMT dengan mendahulukan orang dalam/pegawai BMT dahulu baru berita lelang akan sampai ke masyarakat melalui orang perorangan. Dalam perspektif PMK No. 213/PMK.06/2020 tentang petunjuk pelaksanaan lelang terdapat hal yang belum dijalankan sesuai dengan pasal 53 yakni berkaitan dengan pengumuman lelang. Dikarenakan pengumuman lelang yang dilakukan yaitu dengan cara melalui orang dalam/pegawai dahulu baru berita lelang akan sampai ke masyarakat. Dalam Islam praktik mudharabah diperbolehkan, karena bertujuan untuk saling membantu sesama ummat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2024 19:52
Last Modified: 14 Mar 2024 19:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19861

Actions (login required)

View Item View Item