EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN LKPD TERHADAP LITERASI MATEMATIS MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

WANTINI, SRI (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN LKPD TERHADAP LITERASI MATEMATIS MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SRI WANTINI 23070190010.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SRI WANTINI 23070190010.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SRI WANTINI 23070190010.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SRI WANTINI 23070190010.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SRI WANTINI 23070190010.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SRI WANTINI 23070190010.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SRI WANTINI 23070190010.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SRI WANTINI 23070190010.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SRI WANTINI 23070190010.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SRI WANTINI 23070190010.pdf

Download (9MB)
[img] Text
SRI WANTINI 23070190010.pdf

Download (9MB)

Abstract

Wantini, Sri. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan LKPD Terhadap Literasi Matematis Materi Persamaan Linier Satu Variabel Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, LKPD, dan Literasi Matematis Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan LKPD terhadap literasi matematis materi persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental design dengan metode posttest-only control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII sebanyak 8 kelas. Sementara sampelnya yaitu siswa kelas VIII F dan VIII E SMP Negeri 5 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang dipilih ialah metode observasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung sementara metode tes digunakan untuk memperoleh hasil posttest. Untuk analisis datanya adalah uji data tahap awal dengan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata; uji data tahap akhir dengan uji normalitas, homogenitas, dan Independent Samples t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest literasi matematis kelas eksperimen sebesar 85,44203 dan kelas kontrol sebesar 63,60500. Pengujian dilakukan dengan uji Independent sample t-Test. Dari pengujian tersebut diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 untuk hasil posttest literasi matematis. Menurut hasil tersebut, terbukti bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima. Kemudian, hasil uji-t menampilkan nilai positif yang berarti nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan LKPD efektif terhadap literasi matematis materi persamaan linier satu variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2024 19:59
Last Modified: 14 Mar 2024 19:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19864

Actions (login required)

View Item View Item