Miftakhulkhoir, Tsidamulfami (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII MTS SA PANCASILA SALATIGA TAHUN AJAR 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Tsidamulfami Miftakhulkhoir 23070190074.pdf Download (9MB) |
Abstract
Miftakhulkhoir, Tsidamulfami. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs SA Pancasila Salatiga. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Open Ended, Hasil Belajar siswa, Bangun Ruang Sisi Datar Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C MTs SA Pancasila Salatiga pada materi bangun ruang sisi datar melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation Berbasis Open Ended. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diterapkan untuk memperbaiki proses pembelajaran sebelumnya. Langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas antara lain: pengelompokkan (grouping), perencanaan (planning), penyelidikan (investigating), pengorganisasian (organizing), mempresentasikan (presenting), pengevaluasian (evaluating). Sementara itu, teknik pengumpulan datanya berupa lembar observasi, tes, dan angket. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs SA Pancasila Salatiga dengan total jumlah sebanyak 19 siswa perempuan. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan secara deskriptif dengan melihat peningkatan belajar peserta didik dalam perbandingan siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation Berbasis Open Ended mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII C MTs SA Pancasila Salatiga pada materi bangun ruang sisi datar. Hal tersebut ditunjukkan melalui adanya peningkatan jumlah siswa dan nilai rata-rata kelas yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 11 siswa (57,89%) dan siswa yang belum tuntas berjumlah 8 siswa (42,11%) dengan nilai rata-rata keseluruhan 76,05. Sedangkan pada siklus II, siswa yang tuntas berjumlah 17 siswa (89,47%) dan siswa yang belum tuntas berjumlah 2 siswa (10,53%) dengan nilai rata-rata siswa yaitu 89,52. Melalui hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase sebanyak 31,58%. Penelitian diberhentikan pada siklus II karena hasil belajar siswa telah memenuhi ketuntasan belajar klasikal dengan persentase ≥ 85% maka indikator keberhasilan sudah tercapai
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 20:16 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 20:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19870 |
Actions (login required)
View Item |