PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI ASEAN MENGGUNAKAN MODEL ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MEDIA VISUAL GAMBAR PADA SISWA KELAS VI MI KETAPANG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

kurniasari, Aprilia (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI ASEAN MENGGUNAKAN MODEL ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MEDIA VISUAL GAMBAR PADA SISWA KELAS VI MI KETAPANG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Aprilia Kurniasari 23040190065 New 2.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Aprilia Kurniasari 23040190065 New 2.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Aprilia Kurniasari 23040190065 New 2.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kurniasari, Aprilia. 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi ASEAN Menggunakan Model Advance Organizer Berbantuan Media Visual Gambar pada Siswa Kelas VI MI Ketapang Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Khulatul Luthfiah, M.Pd. Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Model Advance Organizer, Media Visual Gambar Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui model advance organizer berbantuan media visual gambar pada siswa kelas VI MI Ketapang Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model advance organizer berbantuan media visual gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI MI Ketapang tahun ajaran 2023/2024. Dapat dilihat dari pra siklus bahwa siswa yang tuntas KKM sebanyak 11 siswa (31%), sedangkan siswa yang tidak tuntas 24 siswa (69%) dengan rata-rata 59,14. Pada siklus I siswa yang telah tuntas sebanyak 17 siswa (48%) sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 18 siswa (52%) dengan rata-rata 68,85. Dan pada siklus II yang tuntas sebanyak 32 siswa (91%) sedangkan yang tidak tuntas 3 siswa (9%) dengan rata-rata 83,14. Dari peningkatan hasil belajar tersebut penelitian tindakan kelas ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria dengan ketentuan klasikal 85% yang mencapai nilai KKM ≥75.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2024 20:35
Last Modified: 14 Mar 2024 20:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19873

Actions (login required)

View Item View Item