EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN LKPD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 2 GETASAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Sari, Pamita (2024) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN LKPD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 2 GETASAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Pamita Sari 23070190017.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pamita Sari 23070190017.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pamita Sari 23070190017.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pamita Sari 23070190017.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pamita Sari 23070190017.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pamita Sari 23070190017.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sari, Pamita. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan LKPD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Getasan Tahun Ajaran 2023/2024 . Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: Model NHT; LKPD; Prestasi Belajar; Matematika; Teorema Pythagoras. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan LKPD efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan One Group Pretest - Posttest, yang merupakan Pre Eksperimental Design. Siswa SMP N 2 Getasan kelas VIII B dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan meliputi tes, kuesioner respon siswa, observasi keterlaksanaan, jurnal mengajar guru. Dimana teknik analisis data yang digunakan ialah: deskripsi data; uji tahap awal (uji normalitas dan uji homogenitas); uji tahap akhir (uji normalitas); pengujian hipotesis (One Sample t Test dan Paired Sample t Test). Penelitian ini menemukan temuan, yakni: (1) Nilai rata-rata siswa yang diterapkan model NHT berbantuan LKPD yang dilakukan dengan uji One Sample t Test memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yakni 71,8, dibuktikan juga dengan Sig. 0,033<0,05 ; (2) Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan Paired Sample t test memiliki nilai signifikansi 0,000 yang dapat diartikan ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen; (3) hasil perhitungan skor pada kuesioner respon siswa menunjukkan kualifikasi baik; (4) pada hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran juga menunjukkan kualifikasi baik. Maka, kesimpulannya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan LKPD efektif diterapkan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Getasan Tahun Ajaran 2023/ 2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2024 20:44
Last Modified: 14 Mar 2024 20:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19874

Actions (login required)

View Item View Item