PEMENUHAN KEWAJIBAN ORANG TUA PEKERJA TERHADAPANAK PERSPEKTIF UU NO.1 TAHUN 1974 DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi di Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga)

Muzammilatin, Lulu (2024) PEMENUHAN KEWAJIBAN ORANG TUA PEKERJA TERHADAPANAK PERSPEKTIF UU NO.1 TAHUN 1974 DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi di Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LULU MUZAMMILATIN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LULU MUZAMMILATIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Kewajiban orang tua, UU No. 1 tahun 1974, Kompilasi Hukum Islam Kebutuhan setiap orang berbeda-beda sehingga terdapat beberapa keluarga yang mencari nafkah tidak hanya kepala keluarga atau ayah bahkan ibu juga ikut andil dalam memenuhi kebutuhan hidup. Hal tersebut berdampak kepada anak sehingga anak tidak mendapatkan haknya secara penuh begitu juga dengan orang tua yang tidak memenuhi kewajibannya, yang dimana pengalihan pengasuhan kemudian diberikan kepada kakek nenek atau kerabat dirumah. Sehingga terjadinya kesenjangan antara kewajiban orang tua terhadap anak. Fokus penelitian ini berkenaan dengan permasalahan tersebut yaitu. 1). Bagaimana pemenuhan kewajban orang tua pekerja terhadap anak di Kecamatan Sidomukti. 2). Bagaimana pemenuhan kewajiban orang tua pekerja terhadap anak perspektif UU No. 1 tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam di Kecamatan Sidomukti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan yuridis empiris dengan hasil analisis deskiptif. Jenis penelitian filed research atau lapangan dengan menguraikan keadaan secara lebih jelas. Menggunakan bahan hukum primer yaitu Undang-Undang, wawancara dengan beberapa keluarga dan dokumentasi. Bahan sekunder yaitu buku-buku, jurnal dan literatur lain terkait dengan objek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pemenuhan kewajiban orang tua pekerja terhadap anak di Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga menyatakan bahwa orang tua belum dapat melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab secara penuh terhadap anaknya. dalam hal pengasuhan, perawatan, dilimpahkan kepada kakek nenek, atau sanak saudara dirumah. Dengan adanya berbagai problematik yang dialami oleh masing-masing orang tua, sehingga mereka belum sepenuhnya melaksanakan kewajibannya pada anak. Dalam hal ini kewajiban orang tua pekerja terhadap anak di kecamatan sidomukti belum sesuai dengan UU No.1 tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2024 20:56
Last Modified: 14 Mar 2024 20:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19876

Actions (login required)

View Item View Item