Penerapan Metode Bermain Bombik Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi pada Anak Kelompok A di RA Muslimat NU Kanigoro Tahun Pelajaran 2022/2023

NURROHMAH, ASTIA (2024) Penerapan Metode Bermain Bombik Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi pada Anak Kelompok A di RA Muslimat NU Kanigoro Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi (1) Astia Nurrohmah 23050190027.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (1) Astia Nurrohmah 23050190027.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (1) Astia Nurrohmah 23050190027.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (1) Astia Nurrohmah 23050190027.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (1) Astia Nurrohmah 23050190027.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (1) Astia Nurrohmah 23050190027.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (1) Astia Nurrohmah 23050190027.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (1) Astia Nurrohmah 23050190027.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (1) Astia Nurrohmah 23050190027.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nurrohmah, Astia. 2023. Penerapan Metode Bermain Bombik Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi pada Anak Kelompok A di RA Muslimat NU Kanigoro Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: MS Viktor Purhanudin, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan Metode Pembelajaran, Bombik, Kreativitas Imajinasi Tujuan utama dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bermain bombik dalam pembelajaran guna meningkatkan kreativitas dan imajinasi pada anak kelompok A di RA Muslimat NU Kanigoro tahun pelajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kreativitas dan imajinasi melalui metode bermain bombik di RA Muslimat NU Kanigoro tahun 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data primer yang digunakan yaitu wawancara dengan wali kelas A, kepala sekolah RA, dan guru pendamping kelas A. Sedangkan untuk data sekunder berupa data guru, data siswa, dokumetasi RPPH, dan foto. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian; (1) Penerapan metode bermain bombik digunakan dalam pembelajaran setiap tema dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak kelompok A di RA Muslimat NU Kanigoro. (2) Faktor pendukung untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi di RA Muslimat NU Kanigoro yaitu daya potensi guru yang baik, bombik yang bermacam-macam warna dan mainannya yang fleksibel, serta pemilihan waktu yang tepat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sarana prasarana yang terbatas, penurunan motivasi belajar anak dan kurangnya inovasi dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:54
Last Modified: 15 Mar 2024 04:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19878

Actions (login required)

View Item View Item