Nisa, Nur Fatma Khiarotun (2024) SEJARAH PERKEMBANGAN GAME ONLINE DI INDONESIA TAHUN (2001-2020). Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Nur Fatma Khiarotun Nisa.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Nur Fatma Khiarotun Nisa.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Nur Fatma Khiarotun Nisa.pdf Download (3MB) |
Abstract
Nisa, Nur Fatma Khiarotun.2023.Sejarah Perkembangan Game Online Di Indonesia Tahun 2001-2020. Skripsi: Progam Studi Sejarah Peradaban Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora. Universitas Agama Islam Negeri Salatiga. Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian yang berjudul “Sejarah Perkembangan Game Online Di Indonesia Tahun 2001-2020”penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah perkembangan game online di Indonesia tahun 2001-2020. Menurut sejarah perkembangan game online ini dikaitkan dengan perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer. Game online saat ini sangat popular dibandingkan pada saat pertama kali game online diperkenalkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan sejarah perkembangan game online di Indonesia tahun 2001-2020, berkaitan dengan perkembangan game online yang telah terjadi di Indonesia sejak tahun 2001-2020 Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Metode ini meliputi heuristik, pengumpulan sumber primer baik berupa sumber tertulis maupun wawancara. Setelah sumber-sumber yang diperlukan telah terkumpul, dilakukan kritik sumber dengan tujuan untuk mengetahui keaslian sumber, setelah sumber dikritik, analisis sumber dilakukan. Hasil analisis tersebut kemudian disusun dan dituliskan berdasarkan peristiwa- peristiwa yang diamati menjadi suatu kesatuan yang utuh, runtut, berkesinambungan, dan masuk akal.. Hasil penelitian yang dimana pada tahun 1973 indonesia sudah menerima printer video game seperti Pong dan Adventure. Dan pada tahun 1960, muncul komputer yang pertama dan pada saat itu hanya bisa digunakan untuk 2 orang. Game online sendiri tidak lepas dari perkembangan teknologi saat ini, game onlone pertama di Indonesia adalah Nexia Online yang muncul pada bulan maret 2001 dengan grafis 2D. Game online yang beredar di Indonesia sangat beragam, mulai dari genre action, sport, hingga genre RPG (Role-Playing Game). Kemudahan vi akses game melalui smartphone menjadi salah satu alasan mengapa game dalam negeri berkembanag pesat. Dan game tidak lagi hanya bisa diakses melalui PC dan Konsol. Teknologi pengembangan game juga diperbarui untuk memberikan lebih banyak kemudahan bagi pengembang game. Terus berkembanganya video game di Indonesia tentunya menjadi magnet bagi masyarakat lokal yang ingin terjun dibidang tersebut. Kata kunci : Game Online, Gamer, Developer
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Sejarah Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 05:01 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 05:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |