LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TERAPI SILATURAHMI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA (STUDI PADA PECANDU MEDIA SOSIAL TIKTOK DI SMP N 1 CEPOGO BOYOLALI)

Indriyani, (2024) LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TERAPI SILATURAHMI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA (STUDI PADA PECANDU MEDIA SOSIAL TIKTOK DI SMP N 1 CEPOGO BOYOLALI). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Indriyani-23080190009-BKPI-Buku Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui seberapa tinggi tingkat pengguna media sosial tiktok sehingga mengakibatkan tingkat kemampuan komunikasi rendah di SMP N 1 Cepogo Boyolali. 2) Mengetahui efektifitas layanan konseling kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi akibat penggunaan media sosial tiktok di SMP N 1 Cepogo Boyolali. Keterampilan komunikasi menjadi aspek penting guna mencapai tujuan berinteraksi sosial baik itu di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Kecanduan media sosial tiktok menyebabkan beberapa siswa di SMP N 1 Cepogo mengalami tingkat keterampilan komunikasi yang sangat rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimental dengan menggunakan one grup pretest-posttest design (rancangan tes-awal tes-akhir kelompok tunggal). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Instrumen tes diuji dengan menggunakan uji instrument, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji-T. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peneliti melakukan survey terhadap siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali melalui penyebaran kuesioner yang diberikan kepada siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali yang memperoleh responden sebanyak 100 siswa dari kelas VIII E, F, dan G rata-rata skor 98,62 dengan nilai minimum 67 dan maksimum 119. Dengan tingkat pengguna media sosial tiktok yang mengakibatkan tingkat komunikasi rendah seperti berikut bahwa siswa yang mengalami komunikasi dengan kategori sangat rendah 0%, rendah 13%, tinggi 49%, serta sangat tinggi 38%. Peneliti mengambil sampel 13 siswa yang mengalami keterampilan komunikasi sangat rendah akibat kecanduan media sosial, dan diberikanya terapi silaturahmi. Dimana terapi silaturahmi adalah sebuah proses yang dilakukan agar terhindar dari stress, depresi, dan mengurangi seseorang untuk sendiri, hingga tanpa disadari akan membentuk sebuah karakter yang individualis pada diri seseorang. Pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan terapi silaturahmi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi (studi pada pecandu media sosial tiktok di SMP N 1 Cepogo) yaitu diperoleh hasil skor rata-rata tingkat keterampilan komunikasi bagi pecandu media sosial tiktok sebelum diberikan treatment (pretest) adalah 75,77. Dan setelah melakukan treatment (post-test) meningkat dari skor 75,77 ke 98,62 dengan selisih 22,85. 2) Berdasarkan tabel hasil uji paired t-test, didapat sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima, maka bisa dilihat terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test, yang artinya konseling kelompok dengan terapi silaturahmi efektif meningkatkan keterampilan komunikasi bagi pecandu media sosial tiktok yang dialami siswa SMP N 1 Cepogo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 15:32
Last Modified: 15 Mar 2024 15:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19884

Actions (login required)

View Item View Item