EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP N 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

putra, Wisnu aldhika (2024) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII SMP N 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
WISNU ALDHIKA PUTRA 23070190018 SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
WISNU ALDHIKA PUTRA 23070190018 SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
WISNU ALDHIKA PUTRA 23070190018 SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Putra, Wisnu Aldhika. 2023. Efektivitas penggunaan metode Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) terhadap hasil belajar siswa materi garis dan sudut pada siswa kelas VII SMP N 1 Salatiga tahun ajaran 2023/2024. Skripsi. Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing : Muhamad Gani Rohman, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Terhadap Hasil Belajar Siswa, Materi Garis dan Sudut. Dalam penelitian ini kita akan mencari tahu seberapa efektif metode pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) terhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut kelas VII SMP N 1 Salatiga tahun ajaran 2023/2024 antara grup yang diberi tindakan penggunaan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dan kelas yang menerima model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas VII C dan VII D, yang ditentukan dengan metode Purposive Random Sampling. Penelitian ini berbentuk Studi Kuantitatif Quasi Eksperimen. Populasi kelas VII dalam penelitian ini adalah 123 siswa. sampel sebanyak 56 siswa. 28 siswa sebagai kelas kontrol yang diberikan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberikan metode pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang diberikan di akhir studi dan sebuah angket yang diberikan setelah selesai tes akhir studi. Data berasal dari nilai ulangan harian sebelumnya dan post-test yang dianalisis menggunakan uji t. Hasil akhir dari penelitian ini, penulis menyimpulkan sebagai berikut. Dari hasil analisis data penelitian, hasil akhir menunjukan bahwa rata-rata data nilai ulangan harian untuk kelas eksperimen adalah 64,33 dan rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 84,82. Sedangkan rata-rata nilai ulangan harian kelas kontrol adalah 70,2 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol adalah 70,32. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa metode pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) memiliki rata-rata lebih tinggi dari rata-rata nilai post-test kelas kontrol yang diberikan perlakuan berupa metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan analisis menggunakan aplikasi SPSS 20 pada uji t diperoleh t hitung t tabel dan juga nilai signifikansi kurang dari 0,05 dimana hasilnya 0,001. Jadi dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima. Data ini menunjukan tingkat efektivitas yang dimaksudkan sebagai efektif sehingga hipotesis alternatif () diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) lebih banyak efektif dibandingkan dengan metode pembelajara Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut kelas VII SMP N 1 Salatiga tahun ajaran 2023/2024. Hasil analisis data berupa uji T dengan hasil signifikan 0,001 yang kurang dari 0,05 yang menunjukan tingkat efektivitas dimasukan sebagai efektif sehingga hipotesis alternatif () diterima. Adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) lebih banyak efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut kelas VII SMP N 1 Salatiga tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 17:23
Last Modified: 15 Mar 2024 17:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19888

Actions (login required)

View Item View Item