PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN OBJEK CANDI CETHO KARANGANYAR PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS IX SMP ISLAM 2 MONDOKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Aulia, Cristina Tri (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN OBJEK CANDI CETHO KARANGANYAR PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS IX SMP ISLAM 2 MONDOKAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI CRISTINA TRI AULIA 23070190035.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SKRIPSI CRISTINA TRI AULIA 23070190035.pdf

Download (8MB)

Abstract

Aulia, Cristina Tri. 2023. Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Dengan Objek Candi Cetho Karanganyar Pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kelas IX SMP Islam 2 Mondokan Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M. Pd. Kata kunci: LKPD, Etnomatematika, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis etnomatematika dan mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis etnomatematika dengan objek Candi Cetho Karanganyar pada materi kesebangunan dan kekongruenan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis kelas IX SMP Islam 2 Mondokan tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development atau biasa disingkat RnD dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket studi pendahuluan guru, angket kebutuhan peserta didik, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Kemudian lembar validasi yang terdiri dari lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli tampilan, dan yang terakhir adalah lembar soal posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan LKPD sebesar 75% dengan kategori valid, dan untuk uji kepraktisan LKPD sebesar 96,22% dengan kategori sangat praktis. Kemudian, untuk uji keefektifan menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 81,1 dan kelas control sebesar 57,2. Pengujian dilakukan dengan uji Independent sample t Test. Dari hasil pengujian tersebut memperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 untuk hasil posttest kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil tersebut, dipastikan H_0 ditolak dan H_1 diterima yang artinya, terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga LKPD berbasis etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis etnomatematika yang telah dikembangkan dikatakan valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 18:25
Last Modified: 15 Mar 2024 18:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19893

Actions (login required)

View Item View Item