Kesadaran Hukum Masyarakat Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo Terhadap Praktik Pernikahan Dini Perspektif Soetandyo Wignjosoebroto

Cahyani, Devi Rahma (2024) Kesadaran Hukum Masyarakat Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo Terhadap Praktik Pernikahan Dini Perspektif Soetandyo Wignjosoebroto. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI-DEVI RAHMA CAHYANI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-DEVI RAHMA CAHYANI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-DEVI RAHMA CAHYANI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI-DEVI RAHMA CAHYANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Cahyani, Devi Rahma. 2024. “Kesadaran Hukum Masyarakat Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo Terhadap Praktik Pernikahan Dini Perspektif Soetandyo Wignjosoebroto”. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing, Dr. Ali Geno Berutu, MA.Hk. Kata Kunci: Kesadaran Hukum, Pernikahan Dini, Usia Minimal Menikah, Wignjosoebroto Pernikahan dini merupakan ikatan pernikahan yang dilakukan oleh pria atau wanita dengan usia yang masih di bawah ketentuan Undang-Undang No. 16 Tahun 2019 Pasal 7 Ayat 1 tentang batas usia minimal menikah. Praktik pernikahan dini merupakan salah satu tindakan menyalahi hukum yang masih saja dianggap lumrah terjadi di masyarakat. Dari latarbelakang tersebut, peneliti fokus meneliti tentang bagaimana praktik pernikahan dini di Desa Pamriyan Kec. Pituruh Kab. Purworejo, upaya apa yang dilakukan pemerintah desa di sana untuk meminimalisir praktik pernikahan dini, dan bagaimana tingkat kesadaran hukum masyarakat di sana terhadap praktik pernikahan dini perspektif Soetandyo Wignjosoebroto. Penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan pendekatan sosiologi hukum. Data primer pada penelitian ini diperoleh langsung dari sumber utama, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, karya ilmiah, dan dokumen pendukung dari balai desa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis secara deskriptif pada data yang diperoleh menggunakan indikator-indikator kesadaran hukum berdasarkan perspektif Soetandyo Wignjosoebroto untuk memperoleh kejelasan mengenai kesadaran hukum masyarakat Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo terhadap praktik pernikahan dini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktik pernikahan dini di Desa Pamriyan Kec. Pituruh Kab. Purworejo didorong oleh adanya kepatuhan masyarakat yang lebih condong pada hukum agama dan pengaruh tradisi yang masih ada di desa tersebut, juga disebabkan beberapa faktor lainnya, seperti: faktor pendidikan, faktor ekonomi, faktor pergaulan bebas, faktor kemauan sendiri, dan faktor lingkungan. Upaya pemerintah desa untuk meminimalisir praktik pernikahan dini yaitu dengan sosialisasi yang dilakukan oleh tokoh desa dan tokoh agama melalui forum perkumpulan (selapanan) desa, dan terkait kesadaran hukum masyarakatnya berdasarkan indikator kesadaran hukum Soetandyo Wignjosoebroto tingkat kesadaran hukum masyarakat di desa tersebut terhadap praktik pernikahan dini masih dikatakan rendah, dikarenakan masih minimnya pengetahuan dan pemahaman hukum mereka tentang perkawinan, serta belum adanya pelibatan diri untuk menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di masyarakat, yakni menikah sesuai usia yang ditentukan dalam undang-undang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 19:37
Last Modified: 15 Mar 2024 19:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19897

Actions (login required)

View Item View Item