KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

widyawati, Putri (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PUTRI WIDYAWATI (23070190042) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
PUTRI WIDYAWATI (23070190042) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
PUTRI WIDYAWATI (23070190042) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
PUTRI WIDYAWATI (23070190042) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
PUTRI WIDYAWATI (23070190042) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
PUTRI WIDYAWATI (23070190042) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
PUTRI WIDYAWATI (23070190042) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
PUTRI WIDYAWATI (23070190042) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran GI (Group Investigation) berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Suruh materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menerapkan metode Kuantitatif tipe Eksperimen Semu (Quasi Experimen) berdesain pretest posttest control group design. Populasi penelitian melibatkan seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 3 Suruh yang berjumlah 172. Sampel dipilih dengan cara clustered random sampling, sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII E dan VIII F yang masing-masing dengan 21 peserta didik. Kelas VIII E sebagai kelas kontrol sementara kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. RPP, soal pretest, soal postest, observasi, angket, dokumentasi merupakan metode pengumpulan datanya. Data dianalisis menggunakan uji persamaan rata-rata pada nilai pretest untuk tahap awal dan menggunakan uji perbedaan rata-rata pada nilai posttest untuk tahap akhir. Sebelum uji kesamaan dan perbedaan dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data pretest dan posttest. Berdasarkan uji persamaan rata-rata tahap awal kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki rata-rata yang identik. Uji persamaan rata-rata dilaksanakan sebelum dilakukan treatment pada kelas tersebut, berdasarkan uji persamaan rata-rata tahap awal diperoleh perhitungan bahwa t_hitung=0.3531516922 sedangkan t_tabel=2.02108 sehingga H_0 diterima dan H_1 ditolak. Jadi nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kontrol identik. Setelah diketahui bahwa rata-rata pretest identik, selanjutnya dilakukan uji perbedaan rata-rata tahap akhir. Pada uji perbedaan rata-rata tahap akhir diperoleh t_hitung=2.4481451397 sedangkan t_tabel=2.02108. Karena t_hitung>t_tabel, dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima. Jadi, terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Selain itu bisa dilihat jika rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 83.76190476 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 73.95238095.Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) berbantuan alat peraga efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Suruh Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 19:56
Last Modified: 15 Mar 2024 19:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19900

Actions (login required)

View Item View Item