EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK THOUGHT STOPPING DAN TERAPI ISTIGHFAR DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM ANGKATAN 2019 UIN SALATIGA

, TSUROYYA VIDYA AMMARIESQI (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK THOUGHT STOPPING DAN TERAPI ISTIGHFAR DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM ANGKATAN 2019 UIN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
revisi-tsuroyya (1) (4).pdf

Download (4MB)
[img] Text
revisi-tsuroyya (1) (4).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ammariesqi, Tsuroyya Vidya. 2023. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Thought Stopping dan Terapi Istighfar dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Angkatan 2019 UIN Salatiga. Skripsi, Salatiga: Jurusan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Widayati Lestari, M.Psi. kata kunci: bimbingan kelompok, teknik thought stopping, terapi istighfar, percaya diri Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui proses bimbingan kelompok dengan teknik thought stopping dan terapi istighfar dalam meningkatkan percaya diri pada Mahasiswa Program Studi bimbingan konseling pendidikan Islam angkatan 2019 UIN Salatiga (2) menguji efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik thought stopping dan terapi istighfar dalam meningkatkan percaya diri pada Mahasiswa program studi bimbingan konseling pendidikan Islam angkatan 2019 UIN Salatiga. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-experimental design dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest. Subjek pada penelitian ini yakni mahasiswa Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Angkatan 2019 dengan jumlah keseluruhan 68 mahasiswa. Diambil sampel menggunakan teknik purposive sampling menjadi 10 orang Instrumen ini menggunakan skala psikologi percaya diri. Pengumpulan data dilakukan dengan skala psikologis percaya diri. Kemudian data yang didapat di uji menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) Proses layanan bimbingan kelompok dengan teknik thought stopping dan terapi istigfar untuk meningkatkan percaya diri pada mahasiswa dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif bahwa tingkat percaya diri mahasiswa sebelum diberikan layanan dengan kategori sangat rendah sebanyak 100% (10 mahasiswa ) setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik thought stopping dan terapi istigfar dalam kategori tinggi sebanyak 80% (8 mahasiswa) dan kategori sangat tinggi sebanyak 20% (2 mahasiswa). (2) Berdasarkan hasil uji t sebesar 17, 085, tabel output hasil uji t- test, diperoleh nilai sig = 0.000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat di simpulkan bimbingan kelompok dengan teknik thought stopping dan terapi istighafar efektif dalam meningkatkan percaya diri pada mahasiswa angkatan 2019 bimbingan konseling pendidikan Islam di UIN Salatiga. Dilihat dari meningkatnya nilai sebelum dan sesudah diberikan treatment. Menurut hasil rata – rata nilai pretest72,7 dan posttest 131,8. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan tingkat percaya diri sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik thought stopping dan terapi istighafar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 20:12
Last Modified: 15 Mar 2024 20:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19902

Actions (login required)

View Item View Item