PERAN INOVASI PRODUK, DAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI PENGARUH CUSTOMER ORIENTATION TERHADAP MARKETING PERFORMANCE (Studi kasus UMKM kuliner Kota Salatiga)

FAATHARI, IBNU UBAIDILLAH (2024) PERAN INOVASI PRODUK, DAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI PENGARUH CUSTOMER ORIENTATION TERHADAP MARKETING PERFORMANCE (Studi kasus UMKM kuliner Kota Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ibnu Ubaidilah_63040190142_Manajemen Bisnis Syariah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ibnu Ubaidilah_63040190142_Manajemen Bisnis Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK I.U.Fa’athari 2023,” Peran Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Pengaruh Customer Orientation Terhadap Marketing Performance (Studi pada UMKM kuliner Kota Salatiga)”. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Manajemen Bisnis Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Faqih Nabhan, M.M. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan orientasi pelanggan yang berdampak terhadap inovasi produk dan keunggulan bersaing dalam peningkatan kinerja pemasaran. Desain dan metode penelitian: penelitian ini menggunakan 107 sampel pada UMKM kuliner Kota Salatiga dengan pencarian data menggunakan pembagian kuisioner pada karyawan yang terpilih menjadi sempel. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan software Smart (PLS) 4.0 dengan berbasis pada pendekatan Variance Based Structural Equation Modelling (SEM). Hasil: temuan ini menunjukan orientasi pelanggan terbukti mampu mendorong inovasi produk dan keunggulan bersaing namun gagal dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Kemudian inovasi produk dan keunggulan bersaing berperan besar dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Implikasi & nilai tambahan: penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi orientasi pelanggan yang dilakukan UMKM kuliner Kota Salatiga tidak secara langsung meningkatkan kinerja pemasaran. UMKM kuliner perlu inovasi produk dan meningkatkan keunggulan bersaing agar memiliki dampak yang lebih besar dalam mendorong kinerja pemasaran. Kontribusi & Nilai Tambahan Studi ini memberikan perspektif baru tentang Resouce based theory, dan memberikan gambaran lebih lanjut tentang peran dan nilai orientasi pelanggan dalam meningkatkan kinerja pemasaran bisnis mikro dan menengah. Penelitian di masa depan akan menarik jika dilakukan dengan responden yang lebih heterogen,sehingga mengarah lebih mendalam tentang peran inovasi produk dan keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Kata Kunci: Inovasi Produk, Keunggulan Dalam Bersaing, Customer Orientation, Marketing Performance, UMKM Kuliner Kota Salatiga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 20:34
Last Modified: 15 Mar 2024 20:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19905

Actions (login required)

View Item View Item