STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI PAUD PANDAN WANGI KECAMATAN-KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG

Alfina, Luvi Nur (2024) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI PAUD PANDAN WANGI KECAMATAN-KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Luvi Nur Alfina NIM. 43040190116.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Luvi Nur Alfina NIM. 43040190116.pdf

Download (4MB)

Abstract

Alfina, Luvi Nur. 2024. Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di PAUD Pandan Wangi Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Skripsi, Psikologi Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sya'ban Maghfur, M. Pd. I. Kata Kunci: strategi guru dan pendidikan karakter Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menggali informasi mengenai strategi apa saja yang diterapkan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dan untuk mendeskripsikan hasil strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak usia dini di PAUD Pandan Wangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil observasi dan hasil wawancara kepala sekolah, guru, dan wali murid PAUD Pandan Wangi. Sumber sekunder dapat diambil dari file, foto-foto kegiatan, dokumen, buku terkait strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di PAUD Pandan Wangi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di PAUD Pandan Wangi: 1) menggunakan pendekatan BCCT (Beone Center and Circle Time), 2) menyelenggarakan SDM raising, 3) parenting, 4) menyelenggarakan layanan holistik integratif, 5) keteladanan, 6) seni kisah, 7) lagu, 8) tepuk, 9) dongeng, 10) permainan di lapangan ataupun di kelas, 11) pemecahan masalah, 12) menerapkan kesepakatan kelas, m) reinforcement. Hasil strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak usia dini di PAUD Pandan Wangi secara keseluruhan siswa sudah memenuhi STPPA standar tingkat pencapaian perkembangan anak dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di PAUD Pandan Wangi, seperti sudah mampu untuk mematuhi aturan kelas dan menerapkan kata maaf, tolong, dan terimakasih. Faktor yang mempengaruhi hasil penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di PAUD Pandan Wangi: 1) guru, 2) faktor biologis, 3) pola asuh, 4) orang tua yang komunikatif, 5) perkembangan teknologi, 6) media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 20:40
Last Modified: 15 Mar 2024 20:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19906

Actions (login required)

View Item View Item