KONSELING ISLAM MELALUI TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN KAB. SEMARANG

nita, Resa khoirun (2024) KONSELING ISLAM MELALUI TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN KAB. SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Resa Khoirun NIta.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Resa Khoirun NIta.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Resa Khoirun NIta.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Resa Khoirun NIta.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nita, Resa, Khoirun. 2023. Konseling Islam melalui Islam Teknik Self- Management untuk Mengurangi Kejenuhan Belaja Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Widayati lestari, M.Psi. Kata Kunci: Konseling Islam, Self-Management, Kejenuhan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat kejenuhan belajar di kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran sebelum di berikan konseling islam melalui teknik self-management 2) Mengetahui proses pelaksanaan BK melalui teknik self management untuk mengurangi kejenuhan belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran. 3) Mengetahui efektivitas self-management untuk mengurangi kejenuhan belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan desain pretest posttest yang dilakukan dengan tahapan pretest, treatment dan posttest. Treatmen menggunakan teknik self-management dengan tahapan monitor diri (Self monitoring), evaluasi diri (stimulus contro) dan penguatan, pengahapusan atau hukuman (self- reward).dalam penelitian ini, metode purposive sampling . Sumber dalam penelitian ini di peroleh menggunakan skala psikologi dan dokumentasi terkait hal tersebut. Penelitian ini menggunakan 30 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran sebagai subjeknya, dan sempel terdiri dari 5 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran yang merasa jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bimbingan kelompok dengan Teknik self-management efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil 1) Dari hasil skala pretest bahwa kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa berada pada kategori tinggi.kejenuhan belajar yang dialami oleh 5 peserta didik setelah diberikan perlakuan mengalami penurunan yaitu berada pada kategori rendah.Kategori tertinggi kejenuhan belajar dengan skor 82 pada siswa MRP, dengan skor 80 pada siswa SBP, dengan skor 79 pada siswa MWT, dengan skor 78 pada siswa JCH, dan dengan skor 77 pada siswa ADS. 2) Proses pelasanaan BK melalui Teknik self-management tahapan konseling yang dilakukan meliputi menetapkan tujuan, mencacat dan menilai kemajuan, memberikan penguatan. 3) Efektivitas self- management mengurangi kejenuhan belajar dapat dibuktikan berhasil. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa penerapan self-management dapat mengurangi kejenuhan belajar pada peserta didik SMP N 2 Tengaran didapat dari hasil pretest menunjukkan nilai 82 dan posttes menujukakan penurunan kejenuhan belajar menjadi 48. Selain itu juga dibuktikan dengan uji paired sample test nilai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 21:50
Last Modified: 15 Mar 2024 21:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19908

Actions (login required)

View Item View Item