KESADARAN HUKUM APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) TERHADAP PEMBAYARAN ZAKAT MAAL KE BAZNAS (Studi Kasus di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Semarang)

Ibrahim, Dani Ismail Putera (2024) KESADARAN HUKUM APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) TERHADAP PEMBAYARAN ZAKAT MAAL KE BAZNAS (Studi Kasus di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Dani Ismail Setelah Sidang (100% New).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Dani Ismail Setelah Sidang (100% New).pdf

Download (1MB)

Abstract

Zakat maal merupakan zakat yang berfungsi sebagai pembersih harta benda yang kita miliki. Dalam pemerintahan, Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki kewajiban menunaikan zakat maal melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berdasarkan peraturan pemerintah yang berlaku. Kabupaten Semarang adalah salah satu daerah yang memiliki masalah terkait pengumpulan zakat maal bagi Apararatur Sipil Negara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana praktik zakat Aparatur Sipil Negara di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Semarang serta untuk mengetahui sejauh mana kesadaran hukum Aparatur Sipil Negara tersebut terhadap zakat maal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metodologi deskriptif kualitatif yaitu berbasis analisis kasus dengan pendekatan yuridis empiris. Penelitian ini memanfaatkan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Lalu dilakukanlah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan praktik zakat dari 15 responden ASN di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Semarang 5 diantaranya telah menunaikan zakatnya di UPZ BAZNAS dan 10 diantaranya munaikan diluar serta hanya membayar zakat fitrah saja. Terkait kesadaran hukum para ASN tersebut masih belum maksimal karena dari 15 responden hanya 5 yang mengetahui adanya aturan zakat maal. Terkait pemahaman hukum zakat maal hanya 2 responden yang mengetahui secara detail. Selanjutnya, terkait sikap hukum 15 responden setelah diberitahu mereka semua menyetujui terkait konsep zakat maal. Yang terakhir, terkait pola perilaku hukum 5 diantaranya telah menunaikan zakatnya di UPZ BAZNAS dan 10 lainnya menunaikan zakatnya diluar dan ada juga yang hanya membayar zakat fitrah saja karena ketidaktahuan 10 responden tersebut terkait peraturan zakat maal bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 16:14
Last Modified: 18 Mar 2024 16:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19930

Actions (login required)

View Item View Item