EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TEORI JOHN DEWEY DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Afifah, Arizka Nur (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TEORI JOHN DEWEY DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Arizka Nur Afifah 23070190087 (SKRIPSI)-dikompresi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Arizka Nur Afifah 23070190087 (SKRIPSI)-dikompresi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Arizka Nur Afifah 23070190087 (SKRIPSI)-dikompresi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Arizka Nur Afifah 23070190087 (SKRIPSI)-dikompresi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis menurut teori John Dewey ditinjau dari gaya belajar visual dan auditorial pada siswa kelas VIII SMP N 9 Salatiga tahun pelajaran 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif pre – experimental dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII F SMP N 9 Salatiga yang berjumlah 31 siswa. Proses pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji hipotesis (paired sample t-test). Hasil uji analisis data menunjukkan data berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis pada siswa dengan gaya belajar visual diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005 dengan nilai t_hitung=13,970 dan t_tabel=2,110, maka t_hitung>t_tabel sehingga model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Teori John Dewey pada siswa dengan gaya belajar visual, diperoleh nilai rata-rata akhir adalah 80,82. Selanjutnya, uji hipotesis kedua pada siswa dengan gaya belajar auditorial diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005 dengan nilai t_hitung=13,618 dan t_tabel=2,165, maka t_hitung>t_tabel sehingga model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Teori John Dewey pada siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, diperoleh nilai rata-rata akhir adalah 79,43.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 16:38
Last Modified: 18 Mar 2024 16:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19932

Actions (login required)

View Item View Item