PERAN POLRESTABES SEMARANG DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PASAL 6 HURUF C PERMENHUB NO.12 TAHUN 2019 PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH

rahma, Ahbarina novia (2024) PERAN POLRESTABES SEMARANG DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PASAL 6 HURUF C PERMENHUB NO.12 TAHUN 2019 PERSPEKTIF MAQASHID SYARI’AH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Bab 1-5 FIX (new) BGT.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 1-5 FIX (new) BGT.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ahbarina Novia Rahma, 2023, “Peran Polrestabes Semarang Dalam Mengimplementasikan Pasal 6 Huruf C Permenhub No.12 Tahun 2019 Perspektif Maqashid Syari’ah” Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Taufiq Zam Zami, M.A. Kata Kunci: Peran, Polrestabes, Implementasi, Permenhub No.12 Tahun 2019, Maqashid Syari’ah Polrestabes merupakan bagian dari kerangka kepolisian Republik Indonesia yang merupakan alat negara sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang tugas dan wewenang kepolisian yaitu berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Ditetapkanya Pasal 6 huruf c Pemenhub No.12 Tahun 2019 mempunyai peran strategis dalam mewujudkan kenyamanan, keamanan, serta keselamatan dalam berkendara. Namun, realita yang terjadi di lapangan justru masih banyaknya pengendara yang menyepelekan peraturan ini, terlihat dari seringnya ditemui pengendara yang melakukan aktifitas merokok dan bermain ponsel. Terutama di kota Semarang yang sebagai kota metropolitan dimana setiap harinya padat dengan kendaraan. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah: Bagaimana peran Polrestabes Semarang dalam mengimplementasikan pasal 6 huruf c Permenhub No.12 Tahun 2019 dan bagaimana tinjauan dari maqashid syari’ah terhadap peran polrestabes Semarang dalam mengimplementasikan pasal 6 huruf c Permenhub No.12 Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris. Lokasi penelitian bertempat di jalan raya di sekitar kota Semarang, kantor dinas perhubungan dan kantor satlantas polrestabes kota semarang. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa buku-buku, perundang-undangan, jurnal, skripsi terdahulu untuk mendukung penelitian, serta data tersier berupa kamus-kamus (KBBI). Hasil penelitian yang pertama menunjukan bahwa Polrestabes Semarang memang telah mengupayakan dalam pengimplementasian pasal 6 huruf c dengan sosialisasi dan edukasi, namun upaya tersebut belum dikatakan maksimal, karena tidak adanya tindakan tegas terhadap pelanggar. Dan kedua, dari sudut pandang maqashid syariah peran polrestabes semarang dalam mengimplementasikan pasal 6 huruf c sejalan dengan tujuan maqashid syari'ah yaitu untuk mencapai kemaslahatan bersama. Namun, dalam penerapanya dikatakan belum maksimal terlihat dari 2 faktor yaitu komunikasi dan disposisi, serta kesadaran masyarakat pun menjadi pendukung pasal ini belum terimplementasikan dengan baik yang akhirnya menyebabkan belum maksimalnya pula dalam menjaga jiwa (Hifdzu-nafs)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 16:49
Last Modified: 18 Mar 2024 16:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19935

Actions (login required)

View Item View Item