PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI MATERI DINASTI ABBASIYAH MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE KELAS VIII MTsN 5 MAGELANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Fattikasari, Dinda Sekar Nur (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI MATERI DINASTI ABBASIYAH MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE KELAS VIII MTsN 5 MAGELANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DINDA SEKAR NUR FATTIKASARI 23010190267.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI DINDA SEKAR NUR FATTIKASARI 23010190267.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI DINDA SEKAR NUR FATTIKASARI 23010190267.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI DINDA SEKAR NUR FATTIKASARI 23010190267.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI DINDA SEKAR NUR FATTIKASARI 23010190267.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI DINDA SEKAR NUR FATTIKASARI 23010190267.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar SKI materi Dinasti Abbasiyah dengan menggunakan Metode Snowball Throwing dan Media Crossword Puzzle pada siswa kelas VIII MTsN 5 Magelang Kabupaten Magelang tahun ajaran 2023/2024. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 21 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tahapan kegiatan pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar kerja siswa, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Analisis datanya dengan membandingkan perolehan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode snowball throwing dan media crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar SKI materi Dinasti Abbasiyah pada siswa kelas VIII MTsN 5 Magelang. Hal ini dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Ketika prasiklus ketuntasan siswa sebesar 30,3%, yaitu 10 siswa meningkat menjadi 57,6% atau 19 siswa pada siklus I. Pada siklus II persentase yang tuntas mencapai 87,9% atau 29 siswa. Jadi, prasiklus ke siklus I ada peningkatan 27,3% dan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 30,3%. Dengan demikian, penelitian dihentikan pada siklus II karena kelas ini telah berhasil mencapai ketuntasan belajar ≥85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 16:56
Last Modified: 18 Mar 2024 16:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19937

Actions (login required)

View Item View Item