PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGETAHUAN PRODUK, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Salatiga)

Ambara, Alif Khanardi (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGETAHUAN PRODUK, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN MINAT MENABUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Alif Khanardi Ambara_Skripsi Final0.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengingat Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbanyak di dunia, hal itu mendorong perkembangan industri lembaga keuangan berbasis syariah salah satunya perbankan syariah. Namun perkembangan itu belum bisa bersaing dengan industri perbankan konvensional. Oleh karena itu, penelitian ini diperlukan guna menjadi salah satu solusi bagi industri bank syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket kuisioner yang dibagikan kepada 97 responden mahasiswa UIN Salatiga dengan memanfaatkan google form sebagai alat untuk mengumpulkan data. Skala yang digunakan adalah skala interval 1-10. Penelitian ini menggunakan pendekatan sebagai instrument untuk mengolah data Partial Least Square (PLS). Penelitian ini menggunakan PLS karena merupakan salah satu teknik alternatif Structural Equation Modeling (SEM) yang sering digunakan untuk menganalisis korelasi antara beberapa variabel yang kompleks.Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah. Pengetahuan produk berpengaruh positif signifikan keputusan menabung di bank syariah. Sementara itu variabel religiusitas tidak bisa memengaruhi keputusan menabung di bank syariah. Penulis juga menambahkan variabel intervening untuk memediasi ketiga variabel independen. Hasilnya variabel minat mampu memediasi ketiga variabel tersebut. Kata Kunci: SmartPLS, Literasi Keuangan, Pengetaguan Produk, Religiusitas, Keputusan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 18:48
Last Modified: 18 Mar 2024 18:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19955

Actions (login required)

View Item View Item