PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN SOCIOSCIENTIFIC ISSUES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA PADA MATERI ZAT ADIKTIF

wijaya, ayu muda (2024) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN SOCIOSCIENTIFIC ISSUES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA PADA MATERI ZAT ADIKTIF. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Ayu Muda Wijaya 23060190090 SELESAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI Ayu Muda Wijaya 23060190090 SELESAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI Ayu Muda Wijaya 23060190090 SELESAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI Ayu Muda Wijaya 23060190090 SELESAI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI Ayu Muda Wijaya 23060190090 SELESAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wijaya, Ayu Muda. 2023. Pengembangan LKPD Elektronik Dengan Pendekatan Socioscientific Issues Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Salatiga Pada Materi Zat Adiktif . Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci : Pengembangan; Pendekatan Socioscientific Issues; E- LKPD Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat kebutuhan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) dengan pendekatan socioscientific issues materi zat adiktif kelas VIII SMP Muhammadiyah Salatiga. 2) Kelayakan dan kepraktisan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) dengan pendekatan socioscientific issues materi zat adiktif kelas VIII SMP Muhammadiyah Salatiga. 3) Efektivitas lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) dengan pendekatan socioscientific issues materi zat adiktif kelas VIII SMP Muhammadiyah Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengadaptasi dari Thiagarajan. Penelitian ini memiliki empat tahapan yaitu 1) Pendefinisian (define), 2) Perencanaan (design), 3) Pengembangan (development), 4) Penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, angket dan soal tes. Instrumen angket menggunakan format respon empat poin berupa angket analisis kebutuhan, angket validasi, dan angket respon kepraktisan. Sedangkan instrumen soal tes adalah soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, menunjukkan analisis kebutuhan pada produk E-LKPD dengan pendekatan socioscientific issues memperoleh rerata 3,55 dengan kategori butuh. Hasil uji kelayakan produk dari ahli materi memperoleh rata-rata persentase 92% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media memperoleh rata-rata persentase 92% dengan kategori sangat layak. Kemudian berdasarkan uji coba kelompok kecil mengenai aspek kepraktisan E-LKPD diperoleh rata- rata 81% dan uji kelompok besar diperoleh rata-rata 80%, serta hasil penilaian kepraktisan menurut pendidik diperoleh rata-rata 84%. Dengan adanya hasil data penelitian yang sudah divalidasi dan di uji cobakan maka dikatakan produk dapat digunakan pada kategori sangat layak dan sangat praktis. Hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil belajar akhir (post-test) peserta didik dengan nilai P- value Asymp. Sig (0.001) < 0,05 maka kesimpulan bahwa terdapat perbedaan nyata antara hasil pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan E-LKPD melalui pendekatan socioscientific issues efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Penggunaan E-LKPD yang sudah dibuat dapat mendorong kemampuan pemahaman peserta didik dengan pembelajaran lebih menarik dan efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 18:54
Last Modified: 18 Mar 2024 18:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item View Item