PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBERIKAN INFORMASI PADA PUBLIK OLEH PUBLIC RELATIONS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SRAGEN

Restuna, Reta (2024) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBERIKAN INFORMASI PADA PUBLIK OLEH PUBLIC RELATIONS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RETA RESTUNA_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf

Download (4MB)
[img] Text
RETA RESTUNA_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf

Download (4MB)
[img] Text
RETA RESTUNA_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat mendorong praktisi public relations menjadikan media online terkhususnya media sosial dalam menyebarkan informasi. salah satu media sosial yang banyak diminati adalah Instagram. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan media sosial Instagram dan tantangan apa saja dihadapi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen dalam memberikan informasi pada publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa pengelolaan media sosial Instagram Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen dalam memberikan informasi pada publik dengan rujukan teori 4 langkah proses kerja public relations didalamnya meliputi fact finding, planning, aksi dan komunikasi, dan evaluasi. Teori Cutlip,Center, dan Broom mengatakan bahwa dalam menemukan masalah yang pertama adalah menemukan fakta. Dalam menemukan fakta Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan riset dengan menggunakan fitur Instagram untuk mengetahui target sasaran yang dijadikan landasan dalam menyusun pesan dan menyampaikan informasi dan dari pengaduan masyarakat, kemudian membuat rencana, menetapkan konten dan diunggah ke Instagram, ketiga aksi dan komunikasi, menyampaikan informasi yang faktual dengan memanfatkan fitur Instagram, keempat evaluasi, menilai program yang dilaksanakan melalui fitur insight.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 20:00
Last Modified: 18 Mar 2024 20:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19965

Actions (login required)

View Item View Item