Pengaruh Sikap Proaktif Pengambilan Resiko dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UKM di Kabupaten Temanggung dengan Religiusitas sebagai variabel Moderasi

Mahmudi, (2024) Pengaruh Sikap Proaktif Pengambilan Resiko dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UKM di Kabupaten Temanggung dengan Religiusitas sebagai variabel Moderasi. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MAHMUDI revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MAHMUDI revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MAHMUDI revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MAHMUDI revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MAHMUDI revisi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mahmudi. 2024. Pengaruh Sikap Proaktif, Pengambilan Resiko dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UKM di Kabupaten Temanggung dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Mifdlol M, Lc., M.S.I. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap proaktif, pengambilan resiko dan inovasi produk terhadap kinerja UKM di Kabupaten Temanggung dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada pemilik UKM di Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Objek penelitian berjumlah 3075 unit UKM. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 100 pemilik UKM. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisa menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik, uji asumsi klasik dan juga menggunakan uji MRA (Moderated Regression Analisys). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap proaktif, pengambilan risiko dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM, inovasi produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja UKM, religiusitas mampu memperkuat pengaruh sikap proaktif dan inovasi produk terhadap kinerja UKM, religiusitas tidak mampu memperkuat pengaruh pengambilan resiko terhadap kinerja UKM. Pada hasil uji FTes menunjukkan nilai 33,8% yang berarti bahwa variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UKM di Kabupaten Temanggung sedangkan 66,2% dipengaruhi oleh variabel diluar model. Kata kunci: Sikap Proaktif, Pengambilan Resiko, Inovasi Produk, Religiusitas dan Kinerja UKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 20:22
Last Modified: 18 Mar 2024 20:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19966

Actions (login required)

View Item View Item