BRANDING DALAM MEMBANGUN CITRA ISLAM MODERAT: STUDI PADA MASJID "AN-NIDA" KELURAHAN LEDOK KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA

Azhari, Faris (2024) BRANDING DALAM MEMBANGUN CITRA ISLAM MODERAT: STUDI PADA MASJID "AN-NIDA" KELURAHAN LEDOK KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FARIS AZHARI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FARIS AZHARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Azhari, Faris. (2024). Branding Dalam Membangun Citra Islam Moderat Studi Pada Masjid “An-Nida” Kelurahan Ledok Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Unversitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Roviin, M.Ag. Kata Kunci: Branding, Citra, Islam Moderat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan strategi branding di masjid “An-Nida” Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga dalam membangun citra Islam moderat serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat branding di masjid “An-Nida” Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Lokasi kegiatan penelitian adalah di masjid “An-Nida” Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga selama kurun waktu satu bulan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Hubermen yang melalui tiga aktivitas yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasilnya menunjukkan bahwa Masjid An-Nida di Ledok, Argomulyo, Salatiga, membangun citra Islam Moderat melalui konsep dan strategi branding yang terfokus pada nilai-nilai toleransi dan inklusivitas. Upaya branding ini dilakukan dengan menginternalisasi nilai-nilai toleransi antar kelompok keagamaan dan merangkul keragaman masyarakat. Konsepnya mencakup transformasi masjid dari tempat ibadah menjadi pusat pembelajaran keagamaan yang menganut Islam Moderat. Strategi tersebut diwujudkan melalui konsistensi dalam menerapkan nilai-nilai Islam Moderat, menjadi agen perubahan yang mengedepankan persamaan hak, perdamaian, dan toleransi di tengah-tengah keragaman masyarakat Salatiga. Terdapat beberapa faktor pendukung dari strategi branding masjid An Nida. Faktor pendukungya meliputi ajaran toleransi kiai pendiri, keberhasilan dalam merangkul keragaman kelompok keagamaan, serta transformasi menjadi pusat pembelajaran. Selain itu terdapat beberapa faktor yang juga menghambat strategi branding masjid An Nida seperti tingkat keilmuan masyarakat yang belum mencapai tingkat yang diharapkan, minimnya partisipasi remaja dalam kegiatan masjid, serta perbedaan pemahaman antara pihak masjid dan masyarakat,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 20:45
Last Modified: 18 Mar 2024 20:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19968

Actions (login required)

View Item View Item