STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENSOSIALISASIKAN NILAI-NILAI SPORTIVITAS PADA SUPORTER SEPAKBOLA KORWIL SANTRI BOYS 1932 DI KOTA SEMARANG

Riyadi, Nanang (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENSOSIALISASIKAN NILAI-NILAI SPORTIVITAS PADA SUPORTER SEPAKBOLA KORWIL SANTRI BOYS 1932 DI KOTA SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NANANG RIYADI SIAP CETAK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti terhadap dunia sepakbola. Salah satu area ketertarikan peneliti ada pada dinamika kelompok suporter di Indonesia, khususnya pada Korwil Santri Boys 1932. Semenjak adanya tragedi kanjuruhan yang menewaskan 135 nyawa. Stigma suporter dianggap buruk oleh masyarakat seperti tukang rusuh, anarkis, tawuran dll. Oleh sebab itu penelitian ini muncul untuk mematahkan stigma tersebut bahwa tidak semua suporter seperti itu masih ada suporter dari kalangan santri yang mendukung tim kebanggannya dengan mengedepankan nilai-nilai santri dan yang terpenting dapat mensosialisasikan nilai-nilai sportivitas pada suporter sepakbola agar tragedi seperti dikanjuruhan tidak terulang kembali. Peneliti memfokuskan penelitian pada Korwil Santri Boys 1932 yang berlokasi di Candirejo Ungaran, Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh Korwil Santri Boys 1932 dalam mensosialisasikan nilai-nilai sportivitas. Penelitian ini dilandasi oleh Teori Berpikir Kelompok karya Irvin L. Janis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif etnografi. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Pemaparan dilakukan secara deskriptif untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasikan sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Korwil Santri Boys 1932 selalu menerapkan komunikasi yang baik dan intensif dalam mensosialisasikan nilai-nilai sportivitas. Strategi komunikasi tersebut terlihat dari kekompakkan dan soliditas yang terjalin di antara para anggota kelompok. Penelitian ini juga mengungkap bahwa strategi komunikasi punya peran besar dalam mensosialisasikan nilai-nilai sportivitas pada suporter sepakbola.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Seni dan Olah Raga
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 21:58
Last Modified: 18 Mar 2024 21:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19974

Actions (login required)

View Item View Item