PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, PERSISTENSI LABA DAN KONSERVATISME AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN VOLUNTARY DISCLOSURE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Food and Beverage yang Terdaftar di ISSI Tahun 2016-2022)

ISLAMIATI, DIAN (2024) PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET, PERSISTENSI LABA DAN KONSERVATISME AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN VOLUNTARY DISCLOSURE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Food and Beverage yang Terdaftar di ISSI Tahun 2016-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DIAN ISLAMIATI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI DIAN ISLAMIATI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI DIAN ISLAMIATI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh investment opportunity set, persistensi laba, dan konservatisme akuntansi terhadap kualitas laba dengan voluntary disclosure sebagai variabel intervening. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis jalur. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa data panel pada perusahaan food and beverages tahun 2016-2022. Pengelolaan data menggunakan aplikasi Eviews 9. Populasi data pada penelitian ini adalah perusahaan food and beverages yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia tahun 2016-2022. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dan didapatkan sebanyak 18 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa investment opportunity set dan konservatisme akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laba, sedangkan persistensi laba berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kualitas laba. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa voluntary disclosure mampu memediasi hubungan investment opportunity set terhadap kualitas laba dan hubungan konservatisme akuntansi terhadap kualitas laba. Tetapi voluntary disclosure tidak mampu memediasi hubungan persistensi laba terhadap kualitas laba. Kata kunci: Investment Opportunity Set, Persistensi Laba, Konservatisme Akuntansi, Kualitas Laba, VoluntaryDisclosure

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 22:50
Last Modified: 18 Mar 2024 22:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19976

Actions (login required)

View Item View Item