mufidah, kamilia (2024) Analisis Lirik Lagu "Ya Adheeman" Karya Ahmed Bukhatir Dari Perspektif Semiologi Ferdinand de Saussure. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Lirik Lagu Arab Teori Ferdinand de Saussure.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lirik Lagu Arab Teori Ferdinand de Saussure.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lirik Lagu Arab Teori Ferdinand de Saussure.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang analisis lirik lagu Arab “Yā Adheeman” Karya Ahmed Bukhatir dari Perspektif Semiologi Ferdinand de Saussure. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan makna dan pesan moral dari lirik lagu Arab “Yā Adheeman”. Adapun metode, menggunakan deksriptif kualitatif dengan jenis penelitian librabry research (studi kepustakaan) dan menggunakan analisis Saussure yang berbicara pada konsep penanda (signifier), petanda (signified) serta pemaknaan (signification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan ada 12 penanda (signifier) dan 12 petanda (signified) dalam lirik lagu Arab “Yā Adheeman” yang masing-masing makna saling berkesinambungan. Bait pertama dari 4 larik terdapat 2 penanda dan 2 petanda, yaitu pada larik 1 dan 2, 3 dan 4. Bait kedua dari 4 larik terdapat 3 penanda dan petanda, yaitu pada larik 1, 2, 3 dan 4. Bait ketiga dari 2 larik terdapat 2 penanda dan 2 petanda, yaitu pada larik 1 dan 2. Bait keempat dari 4 larik terdapat 4 penanda dan 4 petanda, yaitu pada larik 1, 2, 3, 4. Bait kelima dari 2 larik terdapat 1 penanda dan 1 petanda, yaitu pada larik 1 dan 2. Secara keseluruhan pesan moral yang dapat diambil adalah untuk menjadi Allah satu-satunya sesembahan dengan cara mengingat-Nya, melalui doa dan bertawakal hanya kepada Allah. Kata kunci: Lirik Lagu Arab, Semiologi Saussure, Ahmed Bukhatir.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Kesusasteraan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 08:15 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 08:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19983 |
Actions (login required)
View Item |