EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PERSON CENTERED BERBASIS Q.S AR-RAD AYAT 28 UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA KORBAN BULLYING DI SMP N 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Y, M.Djarisma (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PERSON CENTERED BERBASIS Q.S AR-RAD AYAT 28 UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA KORBAN BULLYING DI SMP N 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
M Djarisma Yanto 23080190032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yanto, M Djarisma. 2023. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Person Centered Berbasis Q.S Ar-Rad Ayat 28 untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Korban Bullying Di SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing Dr. Lilik Sriyanti, M. Si. Kata Kunci: Efektivitas Layanan Konseling Kelompok, Teknik Person Centered, Kepercayaan diri, Bullying. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 1 Pabelan. 2) mendeskripsikan langkah layanan konseling kelompok teknik person centered berbasis Q.S Ar-Rad ayat 28. 3) menganalisis efektivitas layanan konseling kelompok teknik person centered dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa pada korban bullying di SMP Negeri 1 Pabelan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif pr-eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 31 dan sampel yang didapat berjumlah 10 siswa di ambil dengan teknik purposive sampling. Skala kepercayaan diri digunakan sebagai alat mengumpulkan data dan teknik analisis data penelitian menggunakan uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 1 Pabelan tergolong masih rendah, hal ini dapat dibuktikan dari data yang telah diperoleh, kategori rendah mecapai 45,16% (14 siswa), kategori sedang 32,26% (10 siswa), dan kategori tinggi 22,58% (7 siswa); 2) langkah pertama yang dilakukan yaitu menerima secara terbuka, menjelaskan pengertian konseling kelompok, menjelaskan asas-asas konseling kelompok. Langkah kedua yaitu konselor memberikan contoh masalah pribadi terkait kepercayaan diri. Tahap ketiga yaitu melaksanakan konseling kelompok teknik person centered berbasis Q.S Ar-Rad ayat 28. Langkah keempat yaitu konselor mendampingi siswa untuk merumuskan aksi nyata yang akan dilakukan ketika tidak percaya diri setelah konseling berakhir; 3) efektivitas konseling kelompok dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 44 dan nilai rata-rata posstest sebesar 74, dengan diperoleh hasil N-Gain Score yang didapat nilai rata-rata 83,57%. Nilai t_hitung (-32,717) < t_tabel (-26,683) dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok teknik person centered berbasis Q.S Ar-Rad ayat 28 efektif dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa di SMP N 1 Pabelan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2024 14:27
Last Modified: 19 Mar 2024 14:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19988

Actions (login required)

View Item View Item