HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH KLERO KECAMATAN TENGARAN, KABUPATEN SEMARANG

Kurniawati, Ari (2024) HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH KLERO KECAMATAN TENGARAN, KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ARI KURNIAWATI 23040170174.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ARI KURNIAWATI 23040170174.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ARI KURNIAWATI 23040170174.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ARI KURNIAWATI 23040170174.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ARI KURNIAWATI 23040170174.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ari kurniawati. 2023. Hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 MI Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang Tahun 2023. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing : Dr. Peni Susapti, S. Si., M. Si. Kata Kunci : bimbingan orang tua, pembentukan karakter anak. Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mengetahui bagaimana bimbingan orang tua di MI Klero, Kec.Tengaran, Kab.Semarang. 2) Untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter anak kelas 1 di MI Klero, Kec.Tengaran, Kab.Semarang. 3) Untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dengan pembentukan karakter anak kelas 1 di MI Klero, Kec.Tengaran, Kab.Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi, subyek penelitian sebanyak 25 responden, pengumpulan data melalui angket. Data yang terkumpul menggunakan analisis statistik dengan rumus Product Moment. Berdasarkan analisis statistik diperoleh koefisien korelasi antara bimbingan orang tua dengan pembentukan karakter kelas 1 MI (rxy) sebesar -0,46. Nilai r negatif, nilai mutlak r 0,46 merupakan bilangan yang terletak pada interval 0,40 – 0,599. Maka antar variabel yang dikorelasikan terdapat korelasi negatif yang cukup/sedang antara bimbingan orang tua dengan pembentukan karakter anak kelas 1 MI. Selanjutnya hasil tersebut disinkronkan dengan r tabel Product Moment dengan N=25 dan taraf signifikasi 5% yaitu 0,396 serta 1% yaitu 0,505. Terbukti bahwa hasil tersebut lebih kecil daripada r tabel, maka dapat dikatakan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa kedua variabel ini memiliki hubungan yang cukup/sedang, negatif dan signifikan. Jika bimbingan orang tua mengalami kenaikan maka pembentukan karakter siswa mengalami penurunan atau sebaliknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2024 16:42
Last Modified: 19 Mar 2024 16:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19993

Actions (login required)

View Item View Item