PERUBAHAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA PENGAJIAN KITAB SYARAH HIKAM KARYA IBNU ATHAILLAH AS-SAKANDARI (STUDI PADA PEMUDA DESA BODEAN KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG)

Hamid, Aan Abdul (2024) PERUBAHAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA PENGAJIAN KITAB SYARAH HIKAM KARYA IBNU ATHAILLAH AS-SAKANDARI (STUDI PADA PEMUDA DESA BODEAN KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Final Mas Aan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hamid, Aan Abdul. 2023. Perubahan Perilaku Keagamaan Peserta Pengajian Kitab Syarah Hikam Karya Ibnu Athaillah As-Sakandari (Studi Pada Pemuda Desa Bodean Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang). Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Muhammad Fahrudin Yusuf, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana metode dakwah yang digunakan dalam pengajian Kitab Syarah Hikam Karya Ibnu Athaillah as-Sakandari di Desa Bodean Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang serta mengetahui perubahan perilaku keagamaan pada pemuda peserta paska pengajian kitab Syarah Hikam Karya Ibnu Athaillah as-Sakandari di Desa Bodean Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan meneliti secara langsung di lapangan. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu wawancara dan observasi, sedangkan sumber data sekunder ialah dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pengampu pengajian, jamaah pemuda, dan jamaah orang tua. Hasil dari penelitian ini : 1. Metode dakwah yang digunakan dalam pengajian Kitab Syarah Hikam Karya Ibnu Athaillah as-Sakandari di Desa Bodean Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang antara lain ialah metode dakwah Bi -al Hikmah yaitu dengan memperhatikan kondisi jamaah terlebih dahulu, metode Mau'izatul Khasanah yaitu dengan menjelaskan dan memberikan nasihat kepada jamaah, serta metode Mujadalah Billati Hiya Ahsan yaitu berdakwah dengan bertukar pikiran. 2. Perubahan perilaku keagamaan yang terjadi pada pemuda peserta paska pengajian kitab Syarah Hikam Karya Ibnu Athaillah as-Sakandari di Desa Bodean Kabupaten Semarang antara lain adanya perubahan sikap menjadi lebih rendah hati dan tawadhu', adanya semangat yang tinggi untuk menghadiri pengajian karena adanya dukungan dari teman, serta adanya perubahan sikap dalam menghadapi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan hati. Kata Kunci: Perubahan; Perilaku keagamaan; Pemuda; Kitab Syarah Hikam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Kebudayaan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2024 17:07
Last Modified: 19 Mar 2024 17:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19995

Actions (login required)

View Item View Item